Home Kampus Tim Doktor UB Lakukan Pendampingan Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong

Tim Doktor UB Lakukan Pendampingan Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong

manajemen pakan ternak sapi potong

Agrozine.id – Pakan merupakan salah satu aspek penting dalam pemeliharaan sapi potong. Pada kelompok peternak sapi potong “Sumber Makmur” yang ada di Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang memiliki masalah terkait manajemen pakan ternak. Oleh karenanya, Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (UB) melakukan pendampingan manajemen pakan ternak sapi potong kepada kelompok peternak.

Tim Doktor Mengabdi UB yang diketuai oleh Prof Dr. Ir. Kusmartono dengan anggota yang terdiri dari Poespitasari Hazanah Ndaru, SPt. ,M.P., Artharini Irsyammawti S,Pt., M.P. dan Imaniar Ilmi Pariasa, SP., MP., MBA. melakukan pendampingan terkait manajemen pakan ternak yang aplikatif bagi kelompok peternak sapi potong “Sumber Makmur”.

Selain itu, Tim Doktor Mengabdi UB juga memberikan bantuan alat untuk pembuatan pakan ternak seperti mesin chopper grinder dan mixer. Mereka juga menghibahkan berbagai bahan pakan sumber energi seperti dedak padi, pollard, sumber protein seperti bungkil kopra, bungkil sawit serta pakan additif seperti mineral dan vitamin, tetes dan urea.

baca juga : Universitas Brawijaya Beri Penyuluhan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak

Seperti yang diketahui, pada saat musim kemarau ketersediaan pakan ternak terutama jenis hijauan cukup sulit didapatkan. Hal tersebut juga menjadi persoalan bagi kelompok peternak sapi potong “Sumber Makmur” dalam hal kualitas maupun kuantitas pakan. Biasanya mereka hanya memberikan pakan berupa limbah pertanian seperti jerami padi, jerami jagung, klobot jagung dan janggel jagung yang kualitasnya sangat rendah.

Transfer Knowledge Dari Tim Doktor UB

Tim Doktor Mengabdi UB memberikan transfer ilmu teknologi pakan. Teknologi yang telah diterapkan di kelompok tani ternak ini adalah teknologi Pakan Lengkap yang berbasis bahan pakan lokal dengan kandungan nutrisi bisa dikontrol.

Melalui formulasi pakan kandungan nutrisi pakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan ternak. Selain itu, dengan teknologi fermentasi, limbah pertanian bisa meningkat baik kandungan protein maupun kecernaannya.

Lebih dari itu, tim Doktor Mengabdi UB juga membuat demoplot penanaman tanaman pakan ternak dengan harapan persediaan hijauan selalu tersedia sepanjang tahun.

Dikutip dari PrasetyaONline UB (16/10), Ketua Tim yakni Prof. Kusmartono mengatakan bahwa upaya-upaya yang telah dilakukan di kelompok tani ternak ini dalam rangka agar usaha beternak sapi potong semakin semakin menguntungkan melalui upaya pendampingan manajeman pakan ternak sapi potong dan teknologi pakan yang baik dan benar.

baca juga : Jenis Sapi Potong dengan Kualitas Unggulan (Updated)

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, penyediaan pakan pada kelompok peternak sapi potong “Sumber Makmur” baik kuantitatif maupun kualitatif semakin meningkat sehingga performa ternak sapi akan meningkat, sehingga kesejahteraan peternak juga akan meningkat. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here