Home Biodiversitas Peneliti Ungkap Rahasia Kepakan Sayap Kupu-Kupu yang Besar

Peneliti Ungkap Rahasia Kepakan Sayap Kupu-Kupu yang Besar

rahasia sayap kupu-kupu besar

Agrozine.id – Sejauh ini, ketika terbang, kepakan sayap kupu-kupu relatif lebih besar dan lebar ketimbang ukuran badannya. Para peneliti dari Lund University di Swedia mempelajari bagaimana makhluk ini dapat terbang dengan sayap mereka yang besar. Inilah rahasia saya kupu-kupu besar.

Sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa kupu-kupu memiliki cara yang efektif dalam mengepakkan sayap untuk menghasilkan daya dorong. Para peneliti mengatakan bahwa kemampuan mengepakkan sayap juga membantu kupu-kupu menghindari predator berbahaya.

Baca juga: Keanekaragaman Kupu-Kupu dan Pakannya di Kebun Raya Bogor

Masalah bagi kupu-kupu adalah mereka memiliki sayap yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tubuh mereka, yang secara aerodinamis tidak efisien untuk terbang.

Teori Rahasia Sayap Kupu-kupu Besar

Sekitar 50 tahunan yang lalu, para peneliti mengembangkan teori bahwa sayap besar mereka memungkinkan kupu-kupu untuk menepuk kedua sayap bersama-sama untuk memberi mereka tenaga untuk melakukan lepas landas.

Akan tetapi, belum ada yang menunjukkan bagaimana mekanisme ini bekerja dalam kondisi terbang alami. Sekarang, para peneliti di Lund University Swedia, dengan menggunakan terowongan angin dan kamera berkecepatan tinggi, berhasil menangkap keahlian kupu-kupu yang unik saat terbang.

Para peneliti Lund University mempelajari bahwa rahasia sayap kupu-kupu besar adalah gerakan ke atas, sayap mengembang, menciptakan kantong berisi udara di antara mereka.

Ketika sayap kemudian bertabrakan, udara dipaksa keluar, menghasilkan pancaran mundur yang mendorong kupu-kupu maju. Pukulan sayap ke bawah memiliki fungsi lain yaitu membuat kupu-kupu tetap berada di udara dan tidak jatuh ke tanah.

Fakta Gerak Lambat Sayap Kupu-kupu Besar

Selain merekam gerak lambat kupu-kupu yang sedang terbang, para peneliti membuat dua pasang klep mekanis sederhana untuk menguji temuan mereka. Yang satu kaku, yang lainnya fleksibel dan lebih mirip dengan sayap kupu-kupu yang diamati dalam uji terowongan angin.

Tim menemukan fakta bahwa sayap fleksibel secara dramatis meningkatkan tenaga yang diciptakan oleh tepukan sayap tersebut. Hal itu juga meningkatkan efisiensi sebesar 28 persen, yang digambarkan oleh penulis sebagai jumlah yang sangat besar untuk hewan yang bisa terbang. Mereka menyimpulkan bahwa sayap besar dan kepakan sayap itu merupakan keuntungan evolusioner bagi kupu-kupu ketika berhadapan dengan predator.

Baca juga: Keanekaragaman Hayati 101: Mengapa Penting dan Bagaimana Cara Melindunginya?

Para penulis penelitian meyakini bahwa kajian mereka mungkin berguna di bidang lain. Beberapa perangkat drone dan wahana bawah air sudah menggunakan sistem propulsi berdasarkan gerakan tepuk sayap, tetapi dengan sejumlah keterbatasan.

“Kami menyarankan orang-orang yang mengerjakan desain ini, untuk melihat gerakan sayap yang membentuk seperti cangkir ini karena ada banyak efisiensi dan efektivitas yang bisa diperoleh darinya,” kata Per Henningsson soal rahasia sayap kupu-kupu besar.an)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here