Home Kampus Pengaruh Dosis Biopestisida Nabati dan Komposisi Media Tanam Terhadap Produktivitas Tomat

Pengaruh Dosis Biopestisida Nabati dan Komposisi Media Tanam Terhadap Produktivitas Tomat

produktivitas tomat

Agrozine.id – Saat ini, di Indonesia produktivitas tomat masih cukup rendah dibandingkan dengan potensinya. Salah satu upaya meningkatkan produktivitas tomat adalah perbaikan teknik budidaya terutama penggunaan media tanam yang sesuai dan pengendalian hama dengan memanfaatkan bahan alami.

Penggunaan biopestisida dari bahan alami dalam pengendalian hama merupakan salah satu alternatif yang perlu dipertimbangkan untuk diaplikasikan. Biopestisida alami merupakan salah satu bahan nabati yang memiliki aktivitas antimikrobial yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan atau mematikan hama atau organisme penyebab penyakit tanaman.

Sementara itu, media tanam yang baik adalah media tanam yang memiliki sifat porus dan ringan. Media tanam tersebut harus dapat menjaga perakaran tumbuh dengan baik, mampu menjaga kelembaban dan menahan air.

Berdasarkan hal tersebut dilakukanlah penelitian oleh Wahyu Fikrinda dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi untuk mengetahui komposisi media tanam dan efektivitas biopestisida untuk meningkatkan produksi tanaman tomat.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor, dimana faktor pertama adalah komposisi media tanam dan faktor kedua adalah dosis biopestisida nabati. Komposisi media tanam yaitu berupa tanah dan bokashi (pupuk kompos) dengan perbandingan yang berbeda-beda. Lalu, dosis biopestisida terdiri dari 4 taraf.

Setiap perlakuan terdiri dari 4 taraf perlakuan dan diulang sebanyak 4 kali ada 64 unit percobaan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara perlakuan komposisi media tanam dan biopestisida pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah buah, bobot buah, dan produksi.

Dengan komposisi media: bokashi (5: 1) dan 40 ml biopestisida (K2B2) menghasilkan produksi tomat tertinggi yaitu sejumlah 255.53 buah, bobot buah terbesar adalah 7.67 kg per tanaman dan menghasilkan 10,22 ton / ha.

Ternyata, selain komposisi media tanam, penggunaan biopestisida sangat efektif juga diterapkan pada tanaman tomat sehingga dapat mengurangi jumlah tanaman yang terkena penyakit layu fusarium, yang memiliki Jumlah tanaman tomat sehat terbanyak pada perlakuan A2 dengan dosis pestisida 40 ml per menanam 81,25%.

Penggunaan media tanam dengan campuran pupuk kompos serta penggunaan pestisida nabati yang bersifat ramah lingkungan diharapkan dapat mengurangi residu zat kimia terhadap tanaman dan lingkungan. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here