Home Pertanian Penghematan Biaya Energi dalam Budidaya Tanaman dengan Pencahayaan LED

Penghematan Biaya Energi dalam Budidaya Tanaman dengan Pencahayaan LED

pencahayaan LED dalam budidaya tanaman ganja

Agrozine.id – Saat industri kanabis (ganja) di Missouri bertransisi dari musim panas yang sibuk menjadi musim gugur yang sibuk, bisnis ini melihat ke masa depan dengan memantau tren di pasar ganja yang lebih matang. Salah satu pola umum yang diamati di negara bagian seperti Colorado, adalah penurunan harga grosir ditambah dengan meningkatnya persaingan, yang secara bersamaan menekan bisnis untuk mengurangi biaya operasional agar tetap dapat bertahan.

Dalam perekonomian yang penuh tantangan, manajemen biaya operasi memiliki prioritas yang lebih tinggi dan dapat membuat perbedaan dalam kelangsungan bisnis. Namun ketika membahas mengenai peluang penghematan biaya terbesar dalam industri ini, targetnya jelas yaitu untuk mengurangi biaya energi agar kemungkinan peluang bisnis tetap terbuka.

Biaya energi untuk fasilitas pertanian dalam ruangan dapat mencapai hingga 50% dari biaya operasi bisnis. Salah satu cara untuk mengurangi biaya energi tersebut yaitu penggunaan teknologi pencahayaan LED. Pasalnya, untuk pencahayaan dan tata udara (HVAC) menghabiskan sebagian besar penggunaan energi.

Pencahayaan LED adalah langkah awal yang bagus untuk penghematan atau efisiensi energi karena pengurangan panas yang dilepaskan oleh sistem ini bertolak belakang dengan HID (high intensity discharge) yang seringkali harus memperkecil kapasitas peralatan HVAC untuk mengurangi penggunaan dan biaya energi.

Penggunaan pencahayaan LED pada rancangan fasilitas dapat mengurangi penggunaan energi pencahayaan sekitar 40%, bahkan dapat meningkatkan kualitas tanaman. Keuntungan lainnya antara lain yaitu masa pakai lampu lebih lama hingga 200%, pengurangan biaya perawatan, dan risiko kontaminasi tanaman yang lebih rendah saat mengalami kerusakan. Kualitas produk bergantung pada budidaya, penggunaan peralatan HVAC, dan sistem dehumidifikasi yang dirancang dan dioperasikan dengan baik.

Namun, yang menjadi masalah adalah peralatan hemat energi tersebut belum banyak dimanfaatkan. Hal itu lagi-lagi dikarenakan masalah biaya dan kompleksitas.

Di Missouri, untungnya ada sumber daya yang tersedia untuk membantu mengatasi tantangan ini dan mencapai pengurangan biaya energi yang signifikan. Misalnya saja, Resource Innovation Institute yang memberikan panduan praktik peer-review terbaik secara gratis untuk mempromosikan efisiensi sumber daya dalam industri ganja.

Beberapa koperasi, utilitas milik kota dan investor di seluruh negara bagian menawarkan program dan insentif keuangan untuk membantu bisnis mengurangi biaya energi seperti program BizSaversĀ® dan Insentif Pembangunan Ekonomi Ameren Missouri.

Program BizSavers mengatasi masalah biaya dengan menawarkan insentif bagi suatu bisnis untuk memasang peraltan dan teknologi seminimal mungkin sehingga dapat mengurangi penggunaan energi dan mengarah pada penghematan energi dan biaya jangka panjang. Sebagai gantinya, Ameren Missouri mengurangi tekanan jaringan listrik, mencapai puncak reliabilitas permintaan yang lebih baik dan mengurangi kebutuhan pembangkit listrik di masa depan. (ran)

 

Dilansir dari Greenway, Minggu (27/09/2020)Ā 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here