Home Peternakan Pentingnya Memilih Jenis Pakan Untuk Ayam

Pentingnya Memilih Jenis Pakan Untuk Ayam

jenis pakan untuk ayam

Agrozine.id – Jenis pakan perlu diperhatikan karena sangat mempengaruhi kesehatan ayam. Melalui pakan, ayam akan menghasilkan telur ataupun daging yang bekualitas. Memilih jenis pakan yang tepat untuk ayam merupakan hal penting karena dapat mengurangi kerugian. Contohnya, ayam petelur yang sedang tumbuh tidak dapat diberi makan karena jumlah kalsium dalam campuran pakan dapat menyebabkan masalah ginjal. Ayam dewasa bila terlalu banyak diberikan kalori dan protein akan menyebabkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak pada hati.

Jenis pakan dipilih yang komersial, kemudian diimbangi dengan nutrisi yang sesuai pada tahap pertumbuhan ayam guna menjaga kesehatan dan produksi. Bahan-bahan pada pakan tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah dosis pemberian protein.  Pellet dimasak sedikit lebih lama sehingga lebih mudah dicerna.

Your Chicken Feeding Guide - Hobby Farms

Prosedur pemberian pakan pada ayam pun dibedakan menurut tahap pertumbuhan. Pakan starter / anak ayam diberikan pada berusia 0 sampai 6 minggu dan dicampur dengan 20-22 persen protein, sebagai faktor penting untuk pertumbuhan burung. Bisa juga diberikan obat coccidiostat untuk mencegah penyakit usus yang menyebar melalui kotoran. Pemberian pakan yang dicampur obat tidak dianjurkan apabila ayam telah divaksinasi karena dapat membuat vaksin gagal.

Pada dara berumur 6 sampai 20 minggu, dosis protein dikurangi hingga 14-16 persen. Pakan yang dicampur obat diberikan rutin hingga 18 minggu. Untuk pakan ayam petelur cocok dilakukan pada umur  20 minggu ke atas. Proteinnya 15-18 persen dan kalsiumnya 2,5 – 3,5 persen. Jika telur yang dihasilkan retak atau bercangkang rapuh, persentase kalsium dalam protein dapat ditingkatkan.

Pakan ayam broiler diberikan ransum sebagai penyeimbang untuk mendukung pertumbuhan. Proteinnya 20-23 persen sehingga daging yang dihasilkan banyak. Seekor ayam broiler akan menyisihkan 10 pon pakan dalam enam minggu pertama. Pakan ini juga dapat mengandung antibiotik. Sedangkan pakan finisher diberikan kepada unggas pedaging sampai usia akhir mereka. Unggas daging lainnya diselesaikan dari 9 hingga 11 minggu. Semua breed biasanya selesai pada 6 pon dan proteinnya sebesar 18 persen. Penggunaan pakan obat dihentikan satu minggu sebelum penyembelihan. Dan pemberian pakan serba guna yang aman dan cocok untuk setiap usia merupakan pilihan jalan tengah yang baik dengan protein sebesar 16 persen.

Makanan pendamping yang dapat diberikan berupa sayuran, buah, roti basi atau kerupuk. Makanan tersebut adalah jenis makanan yang baik namun, harus dipilah yang masih bagus dan disingkirkan yang berjamur. Jenis makanan seperti bawang bombay atau bawang putih harus dihindari  karena dapat mempengaruhi rasa telur. Rerumputan segar juga sebagai sumber nutrisi yang baik dan salah satu pilihan yang tepat untuk makanan pendamping. Jika ayam kamu tidak sedang berada di padang rumput, kamu dapat memberi makan potongan rumput. Ayam tidak dapat mencerna bahan tanaman yang dikeringkan, jadi pastikan untuk menawarkan rumput yang baru dipotong. Jangan memberi rumput yang telah dirawat dengan herbisida atau pestisida.

Makanan pendamping lainnya seperti biji-bijian, gandum, jagung, dan barley memiliki kandungan protein rendah tetapi tinggi kalori. Pemberian makanan jenis ini dilakukan dengan memasukkan biji-bijian ke dalam kandang hanya setelah ayam kamu makan pagi. Lalu, keluarkan biji-bijian secukupnya untuk mereka makan dalam 20 menit. Dalam pemberian pakan terhadap ayam petelur, perlu mengetahui kebutuhan ayam petelur mengkonsumsi pakan. Ayam petelur rata-rata membutuhkan sekitar 4 ons pakan per hari.

Selain pemilihan jenis pakan, kebersihan kandang juga perlu diperhatikan. Misalnya, mengeluarkan air minum dari dalam kandang setiap hari. Lalu, mengeluarkan tempat makan. Ayam memiliki kecenderungan alami dengan menggaruk-garukkan kepala ke tanah untuk mencari makanannya. Jika pakan diletakkan di lantai, kemungkinan besar pakan akan dijatuhkan. Sehingga perlu menggantung pakan atau diletakkan pada sebuah wadah setinggi punggung ayam.

Pakan komersial yang dipilih dengan bijak, ditambah dengan beberapa makanan ringan yang menyenangkan, akan membantu ayam kamu terlihat dan merasa terbaik.

Dilansir dari Hobby Farms , Kamis (17/09/2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here