Home Perikanan Penyakit yang Menyerang Ikan Nila dan Cara Pencegahannya

Penyakit yang Menyerang Ikan Nila dan Cara Pencegahannya

penyakit yang menyerang ikan nila

Agrozine.id – Ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan tergolong salah satu jenis ikan yang tahan terhadap penyakit. Namun ada beberapa jenis penyakit yang menyerang ikan nila dan dibutuhkan pencegahan yang tepat untuk mengatasinya. Apa saja? yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Penyakit yang seringkali menyerang ikan nila biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor sirkulasi udara,kondisi air hingga perawatan yang diberikan dalam proses budidaya.

Baca juga: Meraup Untung Budidaya Ikan Nila dengan Teknologi Sibudidikucir

Secara umum terdapat beberapa penyakit pada ikan nila terbagi menjadi dua yaitu penyakit infeksi dan penyakit non infeksi. Penyakit infeksi sebagai berikut:

1.Trichodina sp.

Parasit ini biasanya menyerang bagian luar seperti kulit,insang dan sirip ikan nila.Tak hanya ikan nila,parasit ini juga bisa menyerang ikan air tawar lainnya dan ikan air laut.Tanda dari penyakit ini adalah terlihatnya luka pada bagian-bagian tubuh ikan yang diserang.

Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga sanitasi kolam,memasang filter air atau memasang bak pengendapan pada instalasi pengairan kolam. Mengobati penyakit ini dapat dilakukan dengan merendam ikan nila dalam larutan air garam.

2. Penyakit yang disebabkan oleh jamur Saprolegniasis

Penyakit ini biasanya menyerang telur,benih ikan dan larva dengan tanda-tanda yang ditimbulkan yaitu adanya benang halus berwarna putih atau kecoklatan.Penyakit ini biasanya menyerang bagian luar tubuh larva atau benih ikan.

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan merendam telur ikan atau ikan yang terserang dalam larutan NaCl selama 15-30 menit.

3. Epistylis spp

Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang pada umumnya menyerang bagian luar tubuh ikan nila seperti insang,sirip dan kulit. Penyakit ini muncul dengan tanda-tanda bagian insang ikan terlihat merah kecoklatan,ikan sulit bernapas dan gerakan lambat dan pertumbuhannya menjadi lambat.Penyakit ini menular melalui kontak langsung dengan ikan yang sakit.

Penyakit ini bisa dicegah dengan mengurangi padat tebar ikan dan pengobatan dapat dilakukan dengan merendam ikan yang terserang penyakit dalam larutan formalin selama 40 menit

4.Bercak merah

Sama seperti namanya,penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak merah pada tubuh ikan yang terserang,perut membusung dan sisik terkelupas.Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomon dan Aeromonas. Penyakit ini menyerang organ bagian dalam maupun luar seperti hati,ginjal,limpa dan kulit.Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menyuntik, perendaman atau dengan mencampur obat pada pakan.

Selain penyakit infeksi, ikan nila juga rentan terserang penyakit non infeksi disebabkan oleh beberapa faktor seperti di bawah ini:

1.kualitas air yang buruk

2.pemberian pakan yang tidak tepat jenis dan takarannya

3.keracuanan yang biasanya disebabkan oleh pakan kadaluarsa atau adanya senyawa beracun di dalam kolam

4.penanganan ikan yang tidak tepat,seperti luka pada saat penebaran benih ikan

5. Genetis seperti tubuh ikan menjadi cacat

Baca juga: Kenali Penyakit yang Menyerang Ikan Mas, Berikut Pengendaliannya

Itulah dia jenis penyakit yang sering menyerang ikan nila. Jika anda peternak ikan nila sebaiknya lebih perhatikan kondisi ikan dan kolam pemeliharaan anda agar menghasilkan ikan nila berkualitas baik. (ira)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here