Home Hortikultura Pepaya Calina, Pepaya Manis yang Larisnya Hingga Ke luar Negeri

Pepaya Calina, Pepaya Manis yang Larisnya Hingga Ke luar Negeri

stp.ipb.ac.id

Agrozine.id – Hai Sobat Agro, satu lagi buah lokal asli Indonesia yang layak dibanggakan, Pepaya Calina. Pepaya ini merupakan hasi inovasi dari dua peneliti IPB University, yaitu Prof.  Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS (almh) dan Prof. Dr. Ir. Sobir. Jenis pepaya ini laris di pasaran dan banyak ditanam para petani di berbagai daerah di penjuru Indonesia karena berbagai keunggulannya dan tingginya permintaan pasar.

Loh, bukannya pepaya yang laris di pasaran itu pepaya California? Mungkin itu nama buah yang muncul dalam pikiranmu. Memang benar, pepaya California itu laris di pasaran. Dan dengan senang hati kami ingin memberitahukan kepadamu bahwa sebenarnya pepaya California itu sama dengan pepaya Calina! Pepaya California adalah nama dagang dari Pepaya Calina yang sengaja diganti oleh para pedagang sebagai strategi bisnis untuk memikat konsumen.

Apa sih keunggulan pohon pepaya Calina sehingga menjadi pilihan para petani buah? Pepaya yang tumbuh di dataran rendah sampai medium dengan pengairan yang relatif minim ini dapat menghasilkan puluhan buah dalam satu pohon. Selain itu, tinggi batangnya cukup pendek, hanya mencapai sekitar satu meter. Jadi, memudahkan panen dan membuat waktu panen menjadi jauh lebih singkat dibandingkan jenis pepaya lainnya. Permintaan yang besar terhadap pepaya ini juga menjadi alasan dipilihnya jenis pepaya ini oleh petani sebagai komoditas andalan. Bahkan, pepaya imut dengan bobot rata-rata 1,3 kilogram per buah ini sudah menembus pasar luar negeri, diantaranya Malaysia dan Singapura.

Apa sih keunggulan dari pepaya Calina? Ini dia keunggulan yang membuat pepaya Calina disukai sehingga sukses merajai pasar:

  • Tinggi pohon antara 1 – 1,5 meter
  • Setiap pohon berbuah lebat
  • Delapan bulan tanam sudah bisa dipanen
  • Rasanya manis dan segar
  • Warna merah jingga menyala
  • Daging tebal dan lembut
  • Daging buah tidak benyek

Pepaya Calina merupakan salah satu bentuk sumbangsih IPB University dalam mendukung terwujudnya Gerakan Revolusi Oranye yang diluncurkan pada 2013. Dalam rangka gerakan ini pula  PTPN III telah menanam pepaya ini di lahannya seluas 2.500 hektar.  Gerakan ini bertujuan meningkatkan angka produksi dan konsumsi buah Nusantara, serta menargetkan Indonesia sebagai produsen buah tropika terkemuka di ASEAN pada 2025 sehingga berhasil memenuhi target ekspor sekitar 5,95 juta ton buah.  Keunggulan yang dimiliki pepaya Calina diharapkan dapat membantu mewujudkan mimpi besar bangsa Indonesia menjadi eksportir buat tropika terbesar di dunia pada tahun 2045. Semoga harapan ini diridhoi oleh Tuhan sehingga menjadi kenyataan. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here