Home Populer Perbedaan Monstera Adansonii dan Acuminata, Lengkap dengan Harganya

Perbedaan Monstera Adansonii dan Acuminata, Lengkap dengan Harganya

Agrozine.id – Memiliki nama panggilan yang sama yaitu janda bolong, membuat Monstera adansonii dan acuminata kerap kali dianggap jenis yang sama padahal sebenarnya kedua jenis tanaman ini berbeda begitu pula dengan harganya. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui apa saja perbedaan antara kedua jenis tanaman hias ini agar tidak tertipu saat membeli baik secara langsung maupun belanja online.

Monstera adansonii atau disebut juga janda bolong memiliki daun berbentuk oval dengan lubang yang tidak beraturan dan daun hias yang bertepi penuh. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu keju Swiss. Monstera adansonii cocok dijadikan sebagai tanaman teralis karena memang tanaman ini adalah kelompok tanaman merambat.

Monstera adansonii dapat tumbuh hingga 20 meter dengan batang yang tinggi, kasar dan mengkilap. Daunnya berbentuk oval dengan ukuran 25-90 cm. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu 20-30 derajat Celcius.

Baca Juga: Monstera Deliciosa King dan Borsigiana, Apa Bedanya?

Sedangkan Monstera acuminata disebut juga tanaman sirap. Tanaman ini juga merambat dengan bentuk daun oval yang memiliki lubang memanjang di bagian tengahnya. Jika dibandingkan dengan Monstera adansonii, daun Monstera acuminata lebih kecil dan lebih tipis.

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau yang dapat tumbuh hingga berukuran 50 cm dan memiliki batang yang juga berwarna hijau. Nama Monstera acuminata sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti daun yang runcing dan tajam.

Bentuk batang Monstera acuminata ramping dan memanjang. Tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai tanaman teralis karena sifatnya yang mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cukup cepat.

Namun baik Monstera adansonii maupun Monstera acuminata memiliki sifat tanaman yang sama. Lubang yang terdapat pada daun kedua jenis tanaman ini berfungsi untuk meloloskan air dari derasnya hujan.

Baca Juga: Perbedaan Monstera dan Philodendron, Serupa Tapi Tak Sama

Kedua jenis tanaman ini menyukai lokasi dengan kelembaban yang tinggi. Monstera tidak perlu terkena sinar matahari secara langsung sehingga bisa ditempatkan di tempat teduh seperti paranet. Tanaman ini membutuhkan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kompos juga pasir. Penyiraman pada kedua jenis tanaman ini juga tidak perlu dilakukan setiap hari. Penyiraman cukup dilakukan 3 kali dalam seminggu dan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya dapat diberikan pupuk secara berkala.

Jika bicara mengenai harga, Monstera acuminata memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Monstera adansonii. Anakan Monstera acuminata dibanderol dengan harga mulai Rp 50 ribuan, sedangkan anakan Monstera adansonii dibanderol dengan harga mulai Rp 20 ribuan. Untuk itu, pentingnya mengenali kedua jenis tanaman hias ini dan mengetahui perbedaannya agar tidak lagi salah membeli tanaman.

Baca Juga: Mengenal Syngonium Pink Splash, Berapa Harganya di E-commerce?

Itulah sekilas informasi mengenai perbedaan Monstera adansonii dan acuminata. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here