Home Pertanian Perbedaan Monstera dan Philodendron, Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan Monstera dan Philodendron, Serupa Tapi Tak Sama

Agrozine.id – Pecinta tanaman hias tentu tidak asing dengan tanaman hias Monstera dan Philodendron. Meski sekilas terlihat sama, namun kedua jenis tanaman ini adalah berbeda. Kali ini Agrozine.id akan merangkum beberapa perbedaan monstera dan philodendron. Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk mengetehui perbedaan kedua jenis tanaman hias yang sedang naik daun ini, sehingga kamu tidak salah beli nantinya.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Monstera, Ada Apa Saja?

Monstera dan Philodendron adalah tanaman hias yang sama-sama berasal dari famili Araceae. Namun kedua jenis tanaman ini memiliki perbedaan. Bagi kamu yang sulit membedakan kedua tanaman ini, berikut adalah perbedaannya:

1.Kebiasaan tumbuh

Philodendron tumbuh dengan cara yang beragam mulai dari epifit, hemiefifit dan terestrial. Sedangkan monstera tumbuh dengan cara merambat dan mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter.

2.Akar

Akar pada monstera bertindak sebagai pengait diatas cabang dan tumbuh kedalam tanah sedangkan philodendron memiliki akar udara dan akar bawah tanah. Ukuran dan jumlah akar udara tergantung dari substrat tempat tumbuh tanaman.

3. Reproduksi

Saat berkembangbiak, philodendron menghasilkan bunga yang terdiri dari tudung daun yang sering disebut dengan istilah spathe, dimana bagian dalam bunga tersebut tertutup seperti tabung yang disebut spadix. Sedangkan tanaman monstera memiliki bunga yang ditopang oleh gagang yang panjangnya berkisar antara 5-45 cm.

Yang menjadi ciri khas sekaligus pembeda antara kedua tanaman ini adalah bentuk daunnya. Monstera memiliki daun yang khas berbentuk menyerupai hati dan pada daunnya seringkali terdapat lubang. Daun monstera berukuran cukup besar,bertekstur kasar dan berwarna hijau gelap.

Baca Juga : Mengenal Jenis Tanaman Rambat Untuk Dekorasi, Rumah Makin Cantik

Selain itu, tanaman monstera juga menghasilkan buah sejenis berry putih. Pada beberapa spesies monstera, buahnya dapat dimakan. Biasanya monstera dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan sedangkan philodendron banyak ditanam diluar ruangan. Salah satu jenis monstera yang paling terkenal adalah Monstera deliciosa.

Monstera dan philodendron sama-sama dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Namun jika dilihat dari tekstur daun, kedua tanaman ini akan tampak sangat berbeda dimana philodendron memiliki daun yang tidak kasar sedangkan permukaan daun tanaman monstera bertekstur kasar.

Itulah perbedaan monstera dan philodendron. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here