Home Kampus Perkuat Sektor Perikanan Nasional, UNPAD Kerjasama dengan Sejumlah Lembaga

Perkuat Sektor Perikanan Nasional, UNPAD Kerjasama dengan Sejumlah Lembaga

sektor perikanan nasional

Agrozine.id – Kolaborasi yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran yang diwakili Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan lembaga riset dan industri dalam percepatan peningkatan kualitas SDM yang terfokus dalam bidang perikanan. Tujuan adanya kerjasama tersebut yaitu untuk perkuat sektor perikanan nasional.

FPIK dan PT Kreasi Bahari Mandiri (KBM) melaukan kerjasama dalam upaya pengembangan budidaya lobster. Sedangkan kerjasama yang dilakukan dengan SEAMEO Biotrop untuk penelitian serta pengembangan SDM, dan kerjasama dengan PT Kobo Trading guna memfasilitasi para mahasiswa FPIK UNPAD untuk magang ke Jepang.

Kerjasama dengan PT. Kreasi Bahari Mandiri ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor UNPAD Prof. Rina Indiastuti dengan Direktur PT. KBM M. Irwansyah. Kerjasama ini dilakukan kerena Indonesia belum memiliki kemampua budidaya lobster yang baik. Memalui alasan tersebut disambut dengan baikoleh PT. KBM, yang notabennya perusahaan yang sudah merintis upaya budidaya lobster.

Baca juga: Guru Besar FPIK Unpad Tanggapi Masalah Pengelolaan Perikanan Tangkap Indonesia

UNPAD juga didukung oleh fasilitas dalam budidaya lobster yang mumpuni. Kampus UNPAD yang ada di Pangandaran bisa menjadi tempat untuk pengembangan budidaya. Tidak hanya berfokus dalam bidang riset saja, tetapi juga berfokus dalam melahirkan SDM yang unggul dalam budidaya lobster.

Untuk mencetak SDM yang unggul ini, maka dilakukan kerjasama dengan SEAMOE Biotrop dan mendapat dukungan dari Direktorat SMK Kemendikbud RI, dengan begitu UNPAD akan ikut menyiapkan SDM yang unggul dalam budidaya lobster, khususnya dari siswa-siswi SMK.

Kerjasama dengan SEAMEO Center dan Direktorat SMK Kemendikbud ditandai dengan penandatanganan PKS. Kerjasama ini juga mengimplementasikan kurikulum program AQRF dalam bidang budidaya lobster.

Rektor mengapresiasi keikutsertaan UNPAD dalam program kerjasama yang bertujuan untuk perkuat sektor perikanan nasional ini. Melalui program ini, para lulusan SMK berpeluang besar untuk bisa masuk ke UNPAD.

“Selain menjadi mahasiswa kami, mereka juga akan mempelajari bagaimana tentang pembenihan lobster. Targetnya mereka menjadi pengusaha di bidang lobster,” kata Rektor.

Baca juga: Dosen FPIK Unpad Olah Mengolah Limbah Organik Menjadi Pakan Ikan

Dengan adanya program AQRF, kurikulum pembelajaran akan disetarakan dengan kualitas pendidikan di negara kawasan ASEAN. Dengan demikian, mahasiswa program ini akan bisa mengambil mata kuliah di UNPAD sekaligus mata kuliah di perguruan tinggi di ASEAN. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here