Home Peternakan Pertolongan Pertama Pada Ayam Lumpuh Mendadak

Pertolongan Pertama Pada Ayam Lumpuh Mendadak

Agrozine.id – Para peternak ayam pemula tentunya akan bingung dan panik saat ayamnya yang kemarin sehat, tetapi tiba-tiba kaki ayamnya lemas, tak bisa digerakkan alias ayam lumpuh mendadak. Namun, jangan terlalu khawatir, sebab penyakit lumpuh pada ayam biasanya tidak menular karena hanya mengalami gangguan atau cidera pada anggota tubuhnya saja.

Penyebab ayam lumpuh mendadak itu sendiri juga bermacam-macam, diantaranya karena benturan, karena kedinginanan, dan mungkin juga karena kekurangan zat kalsium dan fosfor dalam pakan. Namun, lagi-lagi jangan terlalu khawatir karena lumpuhnya kaki pada ayam ini biasanya masih bisa diobati. Berikut ini cara melakukan pertolongan pertama untuk pengobatan ayam lumpuh mendadak:

  1. Siapkan serai (sereh) merah, jika tidak ada, bisa gunakan serai  hijau. Tumbuk-tumbuk serai tersebut hingga keluar airnya. Kemudian, balutkan serai ke kaki ayam dan ikat, namun jangan terlalu kencang.
  2. Siapkan obat otot neo rheumacyl. Ambil 1/4 tablet, haluskan dan campur dengan pakan, bentuk menjadi pil, lalu dilolohkan (dimasukkan) ke mulut ayam. Namun, sebelum diberikan obat ini, pastikan dulu tembolok ayam telah berisi makanan.
  3. Jika tidak ada obat neo rheumacyl, bisa diberikan obat herbal alami berupa 1 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, dan kunyit sebesar jari telunjuk. Tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus, lalu campurkan dengan pakan. Bentuk menjadi pil, lalu lolohkan ke mulut ayam.
  4. Berikan ayam minum air larutan gula merah untuk energi bagi ayam agar bisa berdiri.
  5. Berikan tepung ikan dalam pakan ayam sebagai nutrisi sumber kalsium dan fosfor yang bisa menguatkan tulang ayam.

Jika ayam sudah bisa berdiri, besoknya obat neo rheumacyl tidak perlu diberikan lagi. Sementara obat herbal seperti serai, bawang, dan kunyit bisa diberikan sampai kaki ayam sembuh normal seperti sedia kala. Tepung ikan juga dapat terus diberikan hingga kaki ayam sehat. (das)

Demikian pertolongan pertama pada ayam lumpuh mendadak, semoga bermanfaat dan semoga ayam-ayam kamu semua sehat.

(Sumber Foto: opencages.org )

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here