Home Populer Philodendron Burle Marx Variegata, Philo Berdaun Kecil Mengkilat, Berapa Harganya?

Philodendron Burle Marx Variegata, Philo Berdaun Kecil Mengkilat, Berapa Harganya?

Agrozine.id – Philodendron burle marx variegata, tanaman hias berukuran kecil dalam kelompok philodendron. Tanaman ini memiliki tinggi mencapai 60 – 120 cm dan berdaun kecil mengkilat. Tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya yang kecil dengan warna yang beragam. Selain hijau, seperti tanaman variegata lainnya, Burle marx variegata juga memiliki campuran daun berwarna kuning.

Jenis tanaman ini termasuk ke dalam jenis philodendron yang langka dan memiliki daun beraneka warna. Berbeda dengan jenis philodendron yang pada umumnya memiliki pertumbuhan yang lambat, burle marx variegata ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan daunnya lebat.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Anthurium, dan Kenali Juga Jenis Anthurium

Namun perlu hati-hati pada saat merawat atau bersentuhan dengan tanaman hias ini, karena ternyata semua bagian tanaman ini mengandung racun yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Jika dilihat secara seksama, philo burle marx variegata ini memiliki penampang batang melintang, berbentuk bulat dan persegi juga berair.

Hampir sama dengan jenis philodendron pada umumnya, burle marx variegata juga cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Tanaman ini juga menyukai cahaya terang, namun tidak boleh dibiarkan terpapar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama akan membuat timbul bercak hitam pada daun philodenron sehingga daun terlihat seperti terbakar. Sebenarnya jenis tanaman ini juga bisa tumbuh di lokasi yang memiliki kelembaban rendah. Namun jika menginginkan pertumbuhan yang lebih cepat dan tanaman yang indah, disarankan untuk meletakkan tanaman ini di tempat terang dengan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Paling Populer dan Banyak Peminatnya

Suhu ideal untuk mendukung pertumbuhan Philodendron burle marx variegata adalah kisaran 16-24 derajat Celcius. Sedangkan untuk air, sama seperti jenis tanaman lainnya, tanaman ini juga membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Siramlah tanaman dengan teratur untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, namun penyiraman tidak perlu terlalu basah.

Saat musim penghujan, intensitas penyiraman dapat dikurangi karena jika terlalu tergenang akan mengakibatkan tanaman mudah terserang penyakit seperti akar tanaman menjadi busuk.

Baca Juga: Mengenal Syngonium Pink Splash, Berapa Harganya di E-commerce?

Sedangkan untuk media tanam yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman ini adalah tanah yang memiliki pH 5,6-6,5 karena jenis tanah dengan pH ini memiliki kemampuan untuk mengalirkan kelebihan air dan mencegah air tambahan tertampung di tanah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kelebihan air dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk. Biasanya akar yang busuk akan berubah warna menjadi kecoklatan atau hitam.

Untuk harga tanaman ini, tentu anda dapat membelinya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan philodendron burle marx biasa.Pada umumnya memang tanaman yang memiliki keunikan baik di daun, batang maupun bagian lainnya termasuk tanaman variegata akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Baca Juga: Mengenal Syngonium Mojito Green dan Harganya di E-commerce

Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga mulai dari Rp 150.000 untuk tanaman berukuran kecil atau anakan. Sedangkan jika tanaman sudah dewasa atau rimbun, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Itulah sekilas informasi mengenal Philodendron burle marx variegata. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here