Home Biodiversitas Pisang Cavendish, Pisang Kegemaran Sejuta Umat

Pisang Cavendish, Pisang Kegemaran Sejuta Umat

etsy.com

Agrozine – Pisang cavendish merupakan buah tropis yang sangat popular. Di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Jika kamu pergi ke pasar, minimarket, atau pedagang buah di pinggir-pinggir jalan, kamu akan menjumpai pisang jenis ini.

Dari seribu lebih varietas pisang di dunia, pisang cavendish termasuk yang paling populer. Setiap tahun terdapat sekitar 55 juta ton jenis pisang ini yang ditanam di seluruh dunia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis disukai ana-anak hingga orang dewasa. Di negara-negara Asia, jantung pisang cavendish juga populer untuk dikonsumsi dan rasanya mirip dengan artichoke.

Pohon pisang cavendish mempunyai tinggi batang 2,5 – 3 m dengan warna hijau kehitaman. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang tandan 60 – 100 cm dengan berat 15 – 30 kg. Setiap tandan terdiri dari 8 – 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 – 22 buah.

Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau terang saat mentah dan ketika matang menjadi kuning cerah keemasan. Ketika sudah terlalu matang, pada kulitnya akan muncul bintik-bintik hitam.

Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pisang ini tidak dapat tumbuh di dataran tinggi (di atas 1600 m dpl). Kebanyakan pisang tumbuh baik di lahan terbuka, tetapi kelebihan penyinaran akan menyebabkannya terbakar matahari (sunburn). Suhu merupakan faktor utama untuk pertumbuhan tanaman pisang cavendish. Suhu optimum untuk pertumbuhannya adalah sekitar 27 °C, dan suhu maksimumnya 38 °C.

Untuk pertumbuhan yang optimal, curah hujan yang diperlukan sekitar 200–220 mm, dan kelembapan tanahnya tidak kurang dari 60-70% dari kapasitas lapangan. Tanah yang paling baik untuk pertumbuhan pisang cavendish adalah tanah liat yang dalam dan gembur serta yang memiliki pengeringan dan aerasi yang baik. Tanaman ini toleran terhadap pH 4,5-7,5.

Tanaman ini sangat sensitif terhadap angin kencang karena dapat menyebabkan daunnya rusak dan robek, distorsi tajuk, dan merobohkan pohonnya.

Pohon pisang ini memiliki bunga kuning dan putih yang tumbuh berkelompok di batangnya. Tanaman pisang Cavendish akan menghasilkan buah tanpa memerlukan penyerbukan (partenokarpi).

Pisang cavendish mengandung karbohidrat dan serat. Buah ini juga mengandung pati resisten, yang membantu seseorang merasa kenyang lebih lama karena merupakan karbohidrat kompleks. Semakin hijau pisang, semakin banyak pati yang dikandungnya. Pisang ini juga mengandung vitamin A dan C tingkat tinggi, mineral seperti fosfor, kalsium dan kalium, serta karbohidrat.

Berikut ini manfaat pisang bagi kesehatan tubuh kita:

  • Pisang cavendish menyediakan energi dan kaya akan nutrisi.Pisang adalah pilihan yang bagus untuk mengisi bahan bakar untuk otot seseorang jika mereka sedang aktif. Ini membantu mengembalikan nutrisi yang hilang saat berolahraga. Selain itu, bisa membangkitkan energi kembali setelah lelah beraktivitas fisik.
  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak bagian dari tanaman buah ini yang terkenal memiliki khasiat obat.
  • Kalium dalam buah pisang dapat membantu mencegah kram otot.
  • Kulit buah pisang juga memiliki sifat antijamur dan antibiotik
  • Bunga dari pohon pisang digunakan untuk mengobati bronkitis dan kencing manis.
  • Dalam pisang terkandung tanin, zat yang berkhasiat untuk mengatasi diare.
  • Selain itu daun muda dari pohon pisang dapat dioleskan pada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar.
  • Akar pohon pisang dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan.
  • Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Food Chemistry tahun 2016, pisang mengandung beberapa senyawa bioaktif seperti fenolat, karotenoid, amina biogenik, dan pitosterol.
  • Banyak dari senyawa ini yang bermanfaat sebagai antioksidan.’
  • Pisang dapat memberikan kenyamanan dalam tubuh saat sedang mabuk.Ini karena pisang juga kaya akan potasium yang akan menguatkan otot dan memberi kesegaran pada tubuh. Sebelum tidur makan satu pisang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Setelah bangun tidur, konsumsi pisang bisa membuat tubuh lebih segar terutama setelah dalam kondisi mabuk.
  • Pisang mudah membuat kenyang cocok sehingga dijadikan bagian dari menu diet untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Banyaknya manfaat yang diperoleh dari pisang cavendish menjadikannya salah satu pangan terbaik untuk konsumsi keluarga. Harganya pun juga terjangkau dan rasanya juga memanjakan lidah.

Demikian informasi tentang pisang cavendish. Semoga bermanfaat dan memotivasi kamu untuk turut serta membudidayakan pisang istimewa ini. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here