Home Pertanian Pisang Mulia, Pisang Super Bertandan 2 Meter dari Malang

Pisang Mulia, Pisang Super Bertandan 2 Meter dari Malang

pisang mulia
Pisang Mulia

Agrozine.id – Pisang bukan sembarang pisang. Buahnya besar dengan panjang tandan 1,5 meter hingga 2 meter. Jumlah sisirnya pun lebih banyak daripada pisang pada umumnya, pisang ini memiliki 12-20 sisir dalam tiap tandannya. Karena ukurannya yang super, Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah, tertarik untuk mengunjungi kebun tempat pisang ini tumbuh, yaitu di Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Gubernur Khofifah kemudian memberikan nama pisang seberat puluhan kilogram untuk satu tandannya itu dengan nama ‘Pisang Mulia’.

Warga Desa Srimulyo telah menanam pisang super ini sejak 2007 silam dengan sistem tumpang sari karena keterbatasan lahan. Mereka tergabung dalam kelompok tani. Ada pula yang berinisiatif menanam di halaman rumah masing-masing. Hasil panen pisang ini mereka jual ke wilayah Jawa Timur hingga Bali. Mereka pun telah menjual bibitnya lewat pasar online.

Menurut keterangan salah seorang anggota kelompok tani, bibit pisang itu didapat dari daerah Sumatera yang dikenalkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Malang sebagai percontohan. Awalnya, bibit pisang itu sempat ditolak masyarakat karena mereka tidak mengetahui bagaimana penanaman pohon pisang hasil perbanyakan kultur jaringan tersebut.

Pisang mulia adalah pisang varietas FHIA-17, FHIA singkatan dari Fundacion Hondurena de Investigacion Agricola, yang merupakan pisang unggul hasil introduksi dari Honduras, Amerika Tengah. Pisang itu kali pertama ditemukan sekitar tahun 1989 dari hasil persilangan antara varietas ome dwarf dengan hibrida sintetis. Pisang ini memiliki warna, tekstur, dan rasa layaknya pisang cavendish.

Budidaya pisang mulia tidaklah sulit. Caranya, siapkan lubang tanam berukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 50 cm dengan jarak tanam 3 x 3 meter. Setelah itu, lubang tanam diberi pupuk kandang hasil fermentasi. Setiap tiga bulan sekali, tambahkan nutrisi berupa pupuk ZA dan NPK mutiara. Setelah 10 bulan masa tanam, biasanya akan keluar jantung pisangnya. Pada bulan ke-12 sampai bulan ke-15, pisang sudah dapat dipanen.

Proses panen pisang ini hanya dilakukan satu tahun sekali di masa tanam pertama. Selanjutnya, jika sudah berbuah kembali, panen dapat dilakukan setiap empat bulan sekali. Tidak ada perawatan khusus untuk membuat pisang berbuah lebat dan besar.

Harga pisang mulia tergantung dari kualitas buah yang dihasilkan. Harga satu tandannya sekitar Rp 200.000 – Rp 250.000. Bahkan, sebelum pandemi harganya bisa mencapai Rp 600.000. Melihat potensi yang baik dari pisang mulia, pisang ini layak dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia.

(Sumber Foto: Lazada.co.id)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here