Home Pertanian Pivot Bio Luncurkan Produk Mikroba Penghasil Nitrogen untuk Jagung

Pivot Bio Luncurkan Produk Mikroba Penghasil Nitrogen untuk Jagung

mikroba penghasil nitrogen

Agrozine.id – Saat ini, sebagian besar petani di dunia sudah bergantung dengan pupuk sintetis, termasuk penggunaan pupuk nitrogen. Pemberian pupuk sintetis dengan dosis yang berlebihan dapat menekan populasi mikroba tanah dan menyebabkan kerusakan lingkungan. Maka dari itu, Startup AgriTech Pivot Bio hadir membawa solusi untuk mengurangi dampak negatif penggunaan pupuk nitrogen sintetis dengan meluncurkan mikroba penghasil nitrogen untuk jagung.

Melalui produk berbasis mikroba yang bernama PROVEN. Pivot Bio mengklaim ini adalah mikroba penghasil nitrogen berkelanjutan pertama untuk jagung. Uji coba terbaru menunjukkan bahwa inovasi ini berfungsi secara efektif.

Jagung Dengan Pupuk Mikroba Penghasil Nitrogen

Pivot Bio PROVEN adalah mikroba penghasil nitrogen yang diaplikasikan di dalam alur selama penanaman, menempel pada akar tanaman jagung, mengambil nitrogen dari udara dan mengubahnya menjadi amonia, terus memberi makan nitrogen ke tanaman sepanjang musim tanam.

Baca juga: Syngenta Bermitra dengan Sound Ag Kembangkan Source, Pengatur Nitrogen Tanaman

“Mikroba menciptakan hubungan simbiosis dengan tanaman, memberikan pasokan nitrogen yang dapat diandalkan dan konsisten,” kata Mark Reisinger, wakil presiden operasi komersial untuk Pivot Bio.

Penggunaan pupuk nitrogen paling banyak digunakan dalam produksi tanaman baris dan merupakan pengeluaran terbesar bagi petani. Namun, seringkali pupuk terbuang percuma, terbawa aliran air hujan, sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Namun, nitrogen dari Pivot Bio PROVEN berbeda dari yang lainnya. Pemimpin penjualan regional untuk Pivot Bio, Matt Bornhorst mengatakan, “Nitrogen kami tidak larut dan tidak denitrifikasi dan itu kuncinya, karena nitrogen adalah salah satu pengeluaran terbesar yang dimiliki petani dalam produksi tanaman”.

Dalam uji coba yang dilakukan selama enam tahun, mencakup 13 negara bagian, 45 jenis tanah yang berbeda, dan 11.000 hektar lahan pertanian yang menggunakan mikroba penghasil nitrogen atau Pivot Bio PROVEN menghasilkan rata-rata 7,7 gantang jagung lebih banyak per hektar daripada yang menggunakan pupuk sintetis umumnya.

Baca juga: Sound Agriculture Luncurkan Produk Baru Penambah Nutrisi untuk Kedelai

Selain untuk tanaman jagung, Pivot Bio memiliki sejumlah produk lain yang sedang dikerjakan, termasuk mikroba penghasil nitrogen generasi mendatang untuk gandum, sorgum, dan beras. Hal ini juga direncanakan untuk diluncurkan di Eropa, Asia, dan Amerika Latin.

Tahun lalu, mereka mengumumkan ekspansi kedelai melalui kolaborasi dengan Bayer untuk mengembangkan galur kedelai yang telah meningkatkan produksi nitrogen dengan skema mirip dengan mikroba penghasil nitrogen ini. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here