Home Hortikultura Pohon Durian Musang King Kaki Tiga, Apa Istimewanya?

Pohon Durian Musang King Kaki Tiga, Apa Istimewanya?

shopee.co.id

Agrozine – Durian adalah salah satu buah tropis yang sangat populer di dunia sehingga dijuluki Si Raja Buah atau The King of Fruit. Salah satu durian yang banyak peminatnya adalah varietas Musang King. Ciri khas dari durian ini adalah bijinya pipih dan daging buahnya tebal. Hal ini memberikan kepuasan sendiri bagi pecinta durian. Rasanya pun legit dan manis dengan sedikit sensasi pahit.

Sebagai buah tropis, durian Musang King cocok ditanam di Indonesia dan banyak yang memburu bibitnya untuk ditanam. Pohon durian ini adalah varietas durian yang istimewa. Karena keistimewaannya itu, banyak inovasi yang mulai dikembangkan, salah satunya adalah bagian batang bawah atau “kaki pohon” Musang King.

Secara umum, pohon durian memiliki batang satu yang lurus ke bawah atau berkaki satu. Namun, ada pula yang kaki pohonnya yang berjumlah tiga atau pohon durian kaki tiga. Musang King kaki tiga memiliki keunggulan dibandingkan Musang king berkaki satu atau buah durian lain pada umumnya.

Tanaman durian ini sebenarnya adalah hasil rekayasa genetik pada durian Musang King biasa berkaki satu. Tiga kaki pada bibit durian unggul ini adalah berasal dari satu buah bibit durian Musang King sebagai batang utama, ditopang dengan dua batang durian lokal dengan kualitas unggul yang disambung menjadi satu. Batang atasnya diambilkan atau diokulasi dengan tanaman durian Musang King dewasa yang berkualitas dengan rasa manis, besar, dan buahnya lebat.

Hasilnya adalah bibit pohon Musang King kaki tiga dengan perakaran yang kuat dan cepat berbuah. Tanaman durian ini biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon yang masih pendek, tetapi buahnya sudah besar-besar. Asyik, bukan?
Secara umum, tidak ada perbedaan fungsional antara pohon Musang King berkaki satu dengan yang berkaki tiga. Namun, dengan adanya tiga kaki, pohon durian Musang King dapat menyerap nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah secara lebih cepat dan lebih banyak sehingga tanaman menjadi lebih cepat tumbuh dan besar.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan pohon durian Musang King kaki tiga:

  • Memiliki batang bawah dan sistem perakaran yang lebih kokoh. Sebab, pohon durian Musang King ini ditopang oleh tiga akar sekaligus sehingga membuat durian ini tumbuh berdiri lebih kuat dan tidak gampang roboh tertiup angin kencang. Pohon durian inijuga lebih tahan bahaya longsor.
  • Memiliki sistem penyerapan nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah yang lebih cepat dan lebih banyak. Hal ini dikarenakan pohon ini memiliki tiga batang bawah sehingga memiliki tiga akar sekaligus.
  • Proses pembuahan menjadi lebih cepat. Selain memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, tanaman ini juga dapat membuat pembuahan lebih cepat. Tanaman biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3 sampai 5 tahun, dengan batang pohon yang masih pendek, namun buahnya sudah besar.
  • Secara fisik, tanaman durian ini memiliki tampilan fisik yang lebih cantik dan eksotis jika dibandingkan kaki satu.

Hampir tidak ada perbedaan dalam membudidayakan durian Musang King kaki tunggal dengan Musang King kaki tiga. Perbedaannya hanya pada saat penanaman bibit di lahan. Dalam menanam bibit durian ini sebaiknya tiap-tiap kakinya direnggangkan di setiap sisinya. Hal ini bertujuan agar kaki-kaki durian ini tidak saling bersentuhan dan masing-masing dapat lebih leluasa mendapatkan unsur hara.

Demikianlah informasi tentang keistimewaan durian Musang King kaki tiga. Semoga bermanfaat, selamat berbudidaya, dan semoga sukses. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here