Home Kehutanan Pohon-Pohon Penghasil Kayu Termahal Di Dunia

Pohon-Pohon Penghasil Kayu Termahal Di Dunia

Agrozine.id – Tahukah kamu jenis-jenis pohon sumber kayu termahal di dunia? Kayunya dihargai dengan harga yang fantastis, yang per kilogramnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Nilai kayu yang tinggi tersebut disebabkan karena kayunya memiliki kelebihan dalam hal keawetan, keindahan penampilan, dan Kelangkaan. Mau tahu pohon-pohon penghasil kayu termahal di dunia? Silakan kamu cek di bawah ini.

Cendana (Santalum album L)

Pohon cendana  atau sandalwood adalah salah satu tumbuhan asli Indonesia, berasal dari propinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta warangka keris. Kayunya bertekstur halus, berwarna kekuningan, dan aromanya sangat khas. Aroma harum kayu ini mampu bertahan hingga puluhan tahun dan tidak ada aroma pohon lain yang mampu menyainginya. Harga kayu ini di pasar Indonesia bisa mencapai Rp 1 juta per kilogramnya. Untuk harga gubal dari kayu cendana ini jauh lebih mahal lagi.

Gaharu (Aquilaria malaccensis)

Pohon gaharu dapat dijumpai  di Bangladesh,  Bhutan, India, Indonesia, Iran, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Thailand.  Aromanya harum sehingga banyak perusahaan parfum memanfaatkan resinnya. Kayu ini menjadi berwarna gelap karena getahnya. Semakin hitam kayu, semakin mahal juga harganya. Gaharu dengan kualitas baik dihargai hingga puluhan juta rupiah per kilogramnya di pasar internasional.

Pohon Eboni (Diospyros celebica)

Pohon eboni atau pohon kayu-hitam sulawesi adalah sejenis pohon penghasil kayu dari suku Ebenaceae dan merupakan tumbuhan endemik daerah Palu, Sulawesi Tengah. Pohon ini menghasilkan kayu yang berkualitas sangat baik. Warna kayu cokelat gelap, kehitaman, atau hitam berbelang-belang kemerahan. Dalam perdagangan internasional, kayu ini dikenal sebagai Macassar ebonyCoromandel ebony, atau juga black ebony. Kayu yang satu ini biasa ditemukan pada alat-alat musik dan furnitur dengan kualitas premium. Kayu ini dihargai jutaan rupiah per meter kubik jika kualitasnya bagus dan warna hitamnya merata di seluruh permukaan.

Bubinga (Guibourtia tessmannii, Guibourtia demeusei)

Pohon Bubinga tumbuh di Afrika tengah bagian barat.  Kayu dari tanaman ini memiliki kekuatan dan keindahan yang menawan. Bubinga juga sering digunakan untuk membuat alat musik, khususnya kecapi dan gitar, karena kayu ini bisa menghasilkan kualitas suara yang baik. Sebagai salah satu kayu terbaik, bubinga dihargai jutaan rupiah per meter kubiknya.

Purple Heart (peltogyne purpurea)

Pohn Purple heart merupakan pohon yang tumbuh subur di kawasan Amerika Selatan, lebih tepatnya di daerah Meksiko, Brazil, dan Colombia. Keunikan dari kayunya adalah warnanya yang asalnya cokelat tua akan berubah menjadi merah muda setelah agak lama ditebang. Kayu ini memiliki ketahanan terhadap air dan juga perubahan suhu. Pengolahannya yang sulit membuat kayu ini dihargai hingga puluhan juta rupiah per meter kubiknya

African Blackwood (Dalbergia melanoxylon)

Pohon African blackwood termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Pohonnya mampu tumbuh hingga 4-15 meter. Untuk mencapai puncak pertumbuhannya, African blackwood membutuhkan waktu hingga 60 tahun. Kayunya sangat kuat dalam melawan pembusukan dan tahan serangan serangga sehingga cocok dipakai untuk alat musik seperti gitar dan clarinet. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah per meter kubiknya. (das)

(Sumber Foto: shopee.co.id)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here