Home Kampus Polbangtan Yoma Adakan Bimtek Untuk Petani Milenial di Kulonprogo

Polbangtan Yoma Adakan Bimtek Untuk Petani Milenial di Kulonprogo

Polbangtan Yoma

Agrozine.id – Dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui kegiatan regenerasi SDM pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan Yoma) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan dan Penumbuhan Petani Milenial di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Petani milenial merupakan salah satu program strategis yang diluncurkan Kementerian Pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui kegiatan regenerasi SDM pertanian. Diharapkan, petani milenial ini mampu menjadi penggerak dan memberdayakan petani lainnya,” ungkap Rajiman selaku direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang.

Baca juga: Polbangtan YOMA Gelar Pelatihan Pengubinan Komoditas Hortikultura

Kegiatan bimtek ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan yang digelar pada 3 Februari 2021 lalu diikuti oleh setidaknya 12 orang perwakilan dari kelompok tani milenial.

Dalam acara tersebut, juga diluncurkan Forum Komunikasi Petani Milenial yang diinisiasi oleh para petani milenial di Kulonprogo. Rajiman mengatakan, dengan adanya kegiatan bimtek Penguatan dan Penumbuhan Petani Milenial ini para petani milenial dapat berkembang menjadi wirausahawan handal dan kompeten di bidang pertanian. Pembentukan forum komunikasi tersebut, katanya, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan misi Polbangtan Yoma.

Menurutnya, dalam upaya pengembangan usaha, para petani milenial harus berpegang pada dua aspek penting diantara yaitu kejujuran dan kedisiplinan dalam membangun usaha.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo, Haris Nugroho mengungkapkan, dengan adanya Forum Komunikasi Petani Milenial ini diharapkan dapat mewadahi seluruh petani milenial, khususnya di Kulonprogo.

“Harapannya forum ini tidak hanya mewadahi petani yang hari ini hadir (di Bimtek), tetapi juga bisa menjadi ajang tukar informasi para petani milenial yang ada di wilayah Kulon Progo secara umum,” ujar Haris.

Baca juga: Polbangtan Malang Gandeng BUMDes Tambaksari Kembangkan Maggot

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (PPSDMP), Dedi Nursyamsi juga mengungkapkan harapannya, yaitu dari petani milenial ini dapat terlahir SDM yang unggul, handal, dan berdaya saing tinggi.

“Kita perlu melihat sisi positif dari pandemi yang entah kapan berakhirnya. Salah satu dampak positif dari situasi ini yaitu semakin banyak pemuda yang tergerak untuk menekuni usaha dalam bidang pertanian. Karena pertanian merupakan salah satu sektor yang bisa bertahan bahkan berkembang di situasi sekarang ini,” katanya menanggapi tentang program yang dijalankan oleh Polbangtan Yoma. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here