Home Kampus Polbangtan Yoma Beri Beasiswa Anak Petani Berprestasi untuk Berkuliah

Polbangtan Yoma Beri Beasiswa Anak Petani Berprestasi untuk Berkuliah

beasiswa anak petani berprestasi

Agrozine.id – Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan saat ini pemerintah perlu melakukan regenerasi petani dari kelompok tua kepada petani milenial untuk meningkatkan penyediaan pangan. Menyikapi hal itu, Polbangtan Yoma (Yogyakarta-Magelang) melakukan beragam upaya. Salah satunya yaitu dengan memfasilitasi anak petani berprestasi menjadi mahasiswa Polbangtan melalui jalur undangan.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikut Dukung Program Kementan

Salah satu jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) yaitu jalur undangan Anak Petani Berprestasi.

Menurut Plt. Direktur Polbangtan Yoma, Rajiman, jalur ini dikhususkan bagi anak-anak dari petani yang berprestasi. Hal tersebut dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap petani yang peduli terhadap regenerasi petani dengan mengirim anaknya belajar ke sekolah pertanian.

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan Polbangtan Yoma sebagai penyelenggara Pendidikan vokasi pertanian yaitu dengan menjaring SDM berkualitas guna sebagai penerus pembangunan pertanian.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan mencatat petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta petani atau sekitar 8% dari total petani Indonesia.

Maka dari itulah, Pendidikan vokasi pertanian mempunyai peran penting menghasilkan petani milenial. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, “Pendidikan vokasi menjadi jawaban terhadap tantangan pertanian di era yang baru ini. Selain menarik kaum milenial berkecimpung di pertanian, nantinya setelah bergabung di vokasi pertanian mereka juga dibekali intelektual dan karakter yang kuat untuk mampu bersaing di industri pertanian.”

Diharapkan, kedepannya akan semakin banyak anak-anak muda yang mau bertani. Melalui jalur undangan kuliah di Polbangtan ini regenerasi petani tidak terputus begitu saja.

Baca juga: Polbangtan Yoma Adakan Bimtek Untuk Petani Milenial di Kulonprogo

Calon mahasiswa yang ingin bergabung melalui jalur ini harus memenuhi persyaratan tertentu. Diantaranya yaitu, memiliki nilai rata-rata raport semester 1 sampai dengan 5 dan nilai ijazah rata-rata paling rendah 7.

Calon mahasiswa juga harus melampirkan sertifikat atau piagam prestasi yang dimiliki oleh orangtua dan calon mahasiswa paling rendah tingkat kabupaten atau kota, dan mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Pertanian setempat.

Total aka nada 280 mahasiswa baru yang akan diterima dan mendapat fasilitas beasiswa penuh dari Kementan ini. Untuk informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui laman resmi Polbangtan Yoma. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here