Home Perikanan Potensi Ekonomi Ikan Lemuru, Bisa Tembus Pasar Internasional

Potensi Ekonomi Ikan Lemuru, Bisa Tembus Pasar Internasional

potensi ekonomi ikan lemuru

Agrozine.id – Ikan lemuru (Sardinella lemuru) merupakan salah satu jenis ikan pelagis kecil yang banyak ditemukan di Perairan Selat Bali. Di Indonesia, ikan lemuru telah menjadi komoditi unggulan terbesar. Sehingga, potensi ekonomi ikan lemuru ini bisa dibilang cukup tinggi. Saat ini, di wilayah perairan Selat Bali terdapat industri pengolahan ikan lemuru terbesar di Indonesia.

Di sekitar perairan pantai kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur) dan kabupaten Jembrana (Bali) banyak dijumpai armada penangkapan tradisional dan modern yang beroperasi memanfaatkan ikan lemuru sebagai ikan tangkapan untuk dikonsumsi.

Selain banyak dotemukan di Selat Bali, ikan lemuru juga banyak ditemukan di perairan Kep. Seribu, Pekalongan, Tegal, dan Pelabuhan Ratu.

Ikan Lemuru banyak dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi langsung, baik yang diolah dalam bentuk ikan kaleng, ikan pindang, maupun ikan asin. Produk akhir dari komoditi ikan Lemuru ini adalah sebagai tepung ikan, minyak ikan dan bahan pakan ikan.

Hasil tangkapan ikan Lemuru, banyak di dominasi dengan jenis olahan ikan kaleng (canning) atau lebih sering dikenal dengan sarden. Ikan kaleng ini dipasarkan baik di pasar lokal, nasional maupun internasional.

Nilai ekspor ikan sarden ini memiliki jumlah yang cukup besar, bahkan untuk tingkat konsumsi nasional, produk olahan ikan sarden ini memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Selain itu, produk olahan ikan Lemuru  yang juga menjangkau pasar nasional antara lain dalam bentuk pindang, asin dan asap.

Melihat hal itu, tentunya potensi ekonomi ikan Lemuru ini sangat tinggi ketika dijual dalam bentuk produk olahan. Harga ikan Lemuru pun terbilang cukup terjangkau dan stabil di pasaran. Tak heran banyak masyarakat juga yang memanfaatkan ikan Lemuru untuk konsumsi langsung.

Kandungan gizi yang ada pada ikan Lemuru tentu sangat tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ikan Lemuru mengandung EPA sebesar 21,77 % dan DHA sebesar 11,59 %. Kelebihan nilai EPA dan DHA mempunyai potensi sebagai obat dan produk kesehatan.

Selain itu, di dalam ikan Lemuru juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Di mana asupan vitamin itu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah stamina.

Diketahui juga bahwa ikan Lemuru ini mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 diketahui bisa mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, kanker, dan penyakit saraf.

Nah, itulah informasi sedikit mengenai ikan Lemuru atau sarden. Selain potensi ekonomi ikan Lemuru ini yang sangat tinggi, ternyata kandungan gizinya pun tinggi juga. Bagaimana? Siap menjajal ikan Lemuru? (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here