Home Kampus Potensi Kecambah Sebagai Bahan Pakan Alternatif Ayam Kampung

Potensi Kecambah Sebagai Bahan Pakan Alternatif Ayam Kampung

pakan alternatif ayam kampung

Agrozine.id – Ayam kampung adalah salah satu jenis ayam asli Indonesia yang mempunyai potensi strategis jika dikembangkan. Alasannya ayam kampung bisa beradaptasi dengan pakan sederhana serta lingkungannya. Ayam kampung juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari serangan penyakit. Nah, pada artikel berikut ini akan dibahas potensi kecambah sebagai bahan pakan alternatif ayam kampung.

Semua potensi tersebut juga harus diimbangi dengan optimalisasi produktivitas yang ditentukan oleh kualitas semen. Kualitas semen yang baik bisa mempengaruhi daya fertilisasi. Sehingga perbaikan kualitas semen dengan cara melakukan perbaikan pakan dengan penamban antioksidan, karena kualitas semen pada ayam pejantan sangat ditentukan oleh pakan.

Baca juga: Rekomendasi 5 Pakan Terbaik untuk Ayam Petelur

Bahan pakan alternatif ayam kampung yang mengandung antioksidan tinggi, memiliki ketersediaan yang melimpah, mudah didapat, murah yaitu kecambah. Kecambah memiliki nutrisi yang lebih tinggi dari pada bentuk kacang hijau, dikarenakan terjadinya sintesa protein selama proses germinasi kecambah. Jika ingin hasil yang maksimal, kecambah bisa dikombinasikan dengan acidifer yang merupakan asam organik.

Riset yang disusun bersama Prof. Dr. Ir. Muhammad Nur Ihsan, MS., Dr. Ir. Nurul Isnaini. MP., dan Dr. Ir. Muhammad Halim Natsir, MP., IPM. merupakan penelitian disertasi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr). Pasalnya dia terdaftar sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Ternak di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB).

Dari penelitian tersebut, kombinasi acidifider  dan kecambah kacang hijau dalam proporsi yang tepat untuk pakan digua bisa mengoptimalkan kinerja kecambah dan pakan dalam saluran pencernaan ayam kampung, yang bisa mempengaruhi performa produksi dan kualitas semen pejantang ayam kampung.

Dari penelitian yang dilakukan selama 80 hari, menjelaskan bahwa penambahan acidifier  dan kecambah secara umum tidak berpengaruh terhdap kualitas mikroskopis dan makroskpi semen ayam kampung.

Hal ini menunjukkan perlakuan penambahan acidifier dan kecambah pada pakan masih berpotensi sebagai upaya untuk optimalisasi kualitas semen ayam kampung dengan mempertimbangkan peningkatan level pemberiannya. Sehingga diharapkan dapat mengendalikan keragaman data yang diakibatkan oleh pengaruh non perlakuan pada lingkungan penelitian.

Baca juga: Sorgum Hidroponik sebagai Hijauan Pakan Ternak Alternatif

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perlakuan penambahan acidifier dan kecambah kacang hijau menunjukkan tren kenaikan kualitas mikroskopik spermatozoa dan makroskopik semen ayam kampung pejantan yang ditunjang peningkatan performa konsumsi pakan, bobot badan dan pertambahan bobot badan. Serta menunjukkan peningkatan profil fertilitas yang terukur dari fertilitas telur dan daya hidup embrio.

“Dapat dikatakan penambahan acidifier dan kecambah kacang hijau pada pakan berpotensi sebagai upaya optimalisasi peningkatan performa produksi dan fertilitas ayam kampung pejantan, dengan mempertimbangkan peningkatan level dan proporsi kombinasi pemberiannya.” Pungkasnya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here