Home Pertanian Potensi Microgreens Peluang Bisnis Baru Usaha Budidaya

Potensi Microgreens Peluang Bisnis Baru Usaha Budidaya

Agrozine.id – Di luar negeri tren budidaya sayur yang dipanen pada usia muda sudah banyak dilakukan. Namun di Indonesia tren microgreens masih tergolong baru. Lirik yuk potensi microgreens peluang bisnis baru dalam usaha budidaya.

Microgreens adalah tanaman sayuran mini yang dipanen pada usia muda antara 7-14 hari setelah persemaian. Tanaman sayur microgreens dipercaya mengandung vitamin, mineral dan betakaroten lebih tinggi dibandingkan sayuran dewasa.

Keuntungan lainnya adalah untuk menumbuhkan tanaman microgreens tidak memerlukan lahan dan skill khusus. Tanaman microgreens dapat dibudidayakan di rumah atau diletakkan di dekat jendela yang tidak terlalu terpapar sinar matahari. Peralatan yang dibutuhkan juga tergolong simpel,hanya butuh wadah kecil untuk dijadikan tempat penyemaian dan sayur bisa langsung dipanen dari wadah semai.

Jenis sayuran yang dapat dibudidayakan dengan  microgreen lain cress, kale,arugula,bit,brokoli,bayam,basil,coriander dan lobak merah. Yang perlu diperhatikan dalam penanaman sayur microgreens adalah pupuk kimia dan biji yang digunakan harus biji yang bebas dari paparan pestisida. Selain itu microgreens juga memerlukan media tanam yang steril dari bakteri E.coli, maka bisa menggunakan tanah yang sudah steril,rockwool,perlite dan vermicultite.

Tren sayuran mini ini digemari di luar negeri dan ada 3 alasan mengapa microgreens begitu dgilai para foodie. Pertama tampilan visualnya yang menarik,mungil dan kaya warna. Kedua microgreens memberikan sensasi baru yang lebih intens dengan tekstur renyah dan ketiga microgreens memiliki nutrisi 30 persen lebih banyak dibanding sayuran biasa.

Meski belum begitu tren di Indonesia, namun microgreens memiliki potensi dan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain budidaya yang mudah dipelajari,usia panen sayur yang relatif singkat menjadi alasan tren microgreens digemari. Harga microgreens di pasaran berkisar antara Rp.850-Rp.2000/gram dan usaha ini memiliki turnover yang berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

microgreens

Kecenderungan masyarakat Indonesia yang mudah mengikuti tren juga menjadi salah satu kunci peluang bisnis dan potensi microgreens di Indonesia akan mudah berkembang dan diminati oleh masyarakat.

Selain sebagai tren bisnis, budidaya microgreens juga dapat menjadi solusi sempurna untuk kaum urban yang sadar dan mengutamakan kesehatan. Potensi microgreens sebagai peluang usaha budidaya baru dapat memberikan keuntungan maksimal dalam pengembangannya dengan mengikuti ketentuan yang ada . (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here