Home Perikanan Potensi Budidaya Perikanan Tahun 2021

Potensi Budidaya Perikanan Tahun 2021

potensiperikanan budidaya 2021

Agrozine.id – Sektor kelautan dan perikanan diharapkan dapat bangkit setelah terpuruk akibat Covid-19. Salah satu yang diharapkan untuk bisa segera pulih adalah sektor perikanan budidaya. Untuk tahun 2021, potensi perikanan budidaya diharapkan bisa terus meningkatkan produktivitas dengan baik. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bahkan menargetkan produki bisa mencapai 19,4 juta ton sepanjang tahun 2021 ini.

Slamet Soebjakto selaku direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP menjelaskan target produksi perikanan budidaya tahun 2021 terdiri dari produksi ikan sebesar 7,92 juta ton dan rumput laut mencapai 11,55 juta ton. Dengan adanya penetapan target tersebut, artinya ada kenaikan target hingga 1,03 juta ton jika dibandingkan dengan target produksi pada tahun 2020  sebesar 18,44 juta ton.

perikanan budidaya yang berpotensi di 2021

Dijelaskan oleh Slamet, selain target kenaikan produksi ikan konsumsi, potensi perikanan budidaya 2021 ini juga pihaknya menargetkan perbaikan kualitas dan kuantitas produksi ikan hias di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, KKP mulai berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk tercapainya target tersebut.

Baca Juga: Peranan Startup Mendukung Perikanan Budidaya

Koordinasi dilakukan dengan berbagai pihak mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pemerintah daerah terlibat dalam pengembangan produksi ikan hias. “Itu guna membangun sinergitas pembangunan perikanan budidaya di daerah-daerah”, ujar Slamet.

Melalui kerjasama dengan daerah, maka produksi ikan hias diharapkan bisa mendorong peningkatan kualitas dan melalui kerjasama tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah terutama untuk para pembudidaya ikan.

Baca Juga: Mengenal Growpal Startup Investasi Budidaya di Sektor Perikanan

Tahun 2021 dikatakan Slamet menjadi perencanaan yang fundamental bagi perkembangan sub sektor perikanan budidaya, sehingga hal tersebut juga akan membantu proses pemulihan menjadi lebih cepta. Terutama saat ini KKP tidak hanya fokus pada peningkatan produksi ikan saja, namun juga peningkatan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan, mengingat potensi perikanan budidaya di Indonesia sebenarnya cukup tinggi, hanya perlu strategi baru untuk meningkatkan produksinya.

Melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan yang telah dilakukan olehKementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diharapkan dapat mewujudkan target produksi yang sudah ditentukan untuk meningkatkan potensi perikanan budidaya 2021. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here