Home Peternakan Prospek Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah

Prospek Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah

Agrozine.id – Sektor peternakan menjadi salah satu sub sektor bidang pertanian yang memiliki prospek menjanjikan, karena kebutuhan protein hewani yang dibutuhkan manusia setiap harinya. Telur, susu dan daging merupakan produk peternakan yang kaya akan protein hewani sehingga budidaya sapi perah untuk menghasilkan susu memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Karena tingginya prospek usaha peternakan sapi perah ini maka banyak yang mulai menggelutinya saat ini.

Peternakan sapi perah di Indonesia memiliki prospek yang cukup menjanjikan dan para peternak sapi ini juga memiliki cara sendiri untuk mengembangkan usaha peternakannya dengan membentuk kelompok ternak. Salah satunya adalah Kelompok Tani Mandiri Sejahtera yang berlokasi di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk, Bogor Jawa Barat.

Kelompok ternak ini pernah meraih juara 1 pada lomba kelompok agribisnis peternakan tingkat Kabupaten Bogor pada tahun 2016 dan 2017. Hal tersebut dinilai dari jumlah ternak yang berhasil terjual dan prospek pengembangan peternakan sapi perah yang dilakukan oleh Kelompok ternak Mandiri Sejahtera.

Kelompok ternak Mandiri Sejahtera memiliki sekitar 25 orang peternak sebagai anggota aktif yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan,sosial dan ekonomi.

Aspek budidaya sapi perah yang diterapkan dan dikembangkan oleh kelompok ternak Mandiri Sejahtera ini terdiri dari aspek bibit dan reproduksi yang merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam budidaya sapi perah karena berpengaruh terhadap tinggi rendahnya produksi susu yang dihasilkan dan akan berpengaruh pada pendapatan peternak.

Baca Juga: Connecterra Digitasi, Startup Tech Untuk Tingkatkan Kesehatan Sapi

Produksi susu sapi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari bangsa, keturunan, masa laktasi, umur, kondisi ambing, siklus birahi dan kebuntingan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari interval pemerahan, lama masa kering, pemberian obat-obatan, penyakit, pergantian pemerah dan pakan.

Aspek kedua yang perlu diperhatikan dalam budidaya sapi perah adalah aspek pakan yang merupakan kebutuhan utama sapi dan secara langsung berpengaruh pada produktivitas sapi. Manajemen pemberian pakan yang dilakukan kelompok ternak Mandiri Sejahtera bervariasi seperti pemberian pakan kasar berupa hijauan dan pemberian vitamin juga antibiotik untuk mendukung pertumbuhan sapi.

Baca Juga: Pria Ini Sukses Mengelola Peternakan Sapi Perah di Tengah Kota Bogor

Aspek lain yang juga berpengaruh terhadap berjalannya usaha peternakan sapi perah pada kelompok ternak Mandiri Sejahtera adalah aspek finansial berupa permodalan untuk memulai usaha peternakan. Aspek ini juga berpengaruh pada perkembangan usaha peternakan.

Maka dapat disimpulkan bahwa aspek pakan, kelayakan finansial dan aspek pemilihan bibit dalam kelompok ternak Mandiri Sejahtera sangat berpengaruh terhadap pengembangan prospek peternakan sapi perah sehingga aspek tersebut perlu ditingkatkan dan diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas dalam usaha peternakan sapi perah. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here