Home Perikanan Ragam Manfaat Terumbu Karang bagi Biota Laut dan Manusia

Ragam Manfaat Terumbu Karang bagi Biota Laut dan Manusia

Manfaat Terumbu Karang

Agrozine.id – Terumbu karang merupakan habitat bagi beraneka ragam biota seperti anemon laut, bintang laut, bulu babi, ikan-ikan kecil, hingga ganggang dan alga. Terumbu karang sendiri merupakan batuan yang terbentuk dari kalsium karbonat yang dihasilkan biota laut lalu tersedimentasi. Selain itu, terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal yang ada pada iklim tropis namun rentan terhadap perubahan lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut manfaat habitat tersebut bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Simak ulasannya.

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi

Terumbu karang memiliki hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan lingkungannya. Adapun manfaatnya secara ekologi:

  • Habitat dan sumber makanan bagi berbagai makhluk hidup di laut. Terumbu karang juga dimanfaatkan untuk berlindung dan berkembang biak.
  • Sumber keanekaragaman hayati genetik dan spesies yang memiliki ketahanan hidup tinggi
  • Bermanfaat sebagai pelindung ekosistem disekitarnya, yakni memperkecil energi ombak menuju daratan yang dapat menyebabkan abrasi
  • Mengurangi penyebab pemanasan global karena proses kimia, seperti perubahan gas karbondioksida menjadi zat kapur, yakni bahan pembentuk terumbu

Manfaat Terumbu Karang Secara Sosial

Terumbu karang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian sehingga tumbuhan dan hewan laut didalamnya dapat dikenali dan lebih mudah dipelajari.

Baca Juga : Mengenal Sekolah Tani Muda (Sektimuda): Wadah untuk Belajar Dunia Pertanian

Sehingga, perlu dilakukan pengelolaan dan pelestarian agar kerusakan terumbu karang dapat diatasi dengan mudah. Terumbu karang juga bermanfaat sebagai sarana rekreasi masyarakat yang ingin melihat keindahan ekosistem yang dihasilkannya.

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekonomi

Terumbu karang merupakan sumper perikanan yang tinggi, karena didalamnya hidup berbagai jenis ikan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia. Terumbu karang juga dimanfaatkan sebagai sumber obat-obatan, menurut para ahli terumbu karang mengandung bahan-bahan kimia yang dapat dijadikan obat bagi manusia.

 

Nah, sekarang kita telah mengenal lebih lanjut ragam manfaat yang dimiliki terumbu karang bagi biota laut dan manusia. Ekosistem ini juga dapat dijadikan objek wisata yang menarik dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Baca Juga : Global Safety Net : Platform Online untuk Melindungi Keanekaragaman Hayati dan Mencegah Perubahan Iklim

Berbagai jenis ikan, teripang, dan rumput laut yang hidup di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya. Hingga saat ini, keberadaan terumbu karang tersebar pada berbagai wilayah perairan Indonesia yang beriklim tropis, sehingga baik untuk pertumbuhannya. Luas keseluruhan terumbu yang ada di perairan Indonesia berkisar lebih dari 60.000 km². (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here