Home Kampus Raih Peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Kemendikbud, Rektor Apresiasi Civitas Akademika...

Raih Peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Kemendikbud, Rektor Apresiasi Civitas Akademika IPB University

Agrozine.id – Setelah melompat dari 100 peringkat dari QS World University Ranking pada Juni 2020 lalu, IPB University kembali menorehkan prestasi membanggakan. Berdasarkan pemeringkatan klusterisasi perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), IPB University berada di peringkat pertama.  Penetapan tersebut bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-75 pada  17 Agustus 2020. Atas pencapaian tersebut, Rektor IPB University Prof Arif Satria apresiasi seluruh civitas akademika.

“Ini adalah hasil kerja keras kita semua. Saya mengapresiasi kerja seluruh civitas akademika, tenaga kependidikan dan alumni yang terus kompak dan sungguh-sungguh dalam memajukan IPB University.  Tentu pencapaian ini juga merupakan hasil dari kerja keras para pimpinan  sebelumnya yang telah memberikan fondasi yang kuat untuk kemajuan IPB Univeristy”, ucap Prof Arif melalui keterangan tertulisnya.

Tahun ini klusterisasi diikuti oleh 2.136 perguruan tinggi di Indonesia dan IPB University berhasil menempati posisi pertama setelah menggungguli UI dan UGM.  Hasil klusterisasi ini akan menjadi acuan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan terus-menerus dalam rangkan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Rektor juga menyampaikan bahwa hasil pencapaian ini hendaknya bisa menjadi semangat bagi para civitas akademika IPB University untuk memberi yang terbaik bagi bangsa ini.

Tujuan dari diadakannya klusterisasi ini oleh Kemendikbud adalah untuk merumuskan penciri kualitas perguruan tinggi yang telah terdokumentasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).  Selain itu,klusterisasi ini juga dilakukan untuk keperluan pembinaan perguruan tinggi.

Indikator klusterisasi yang ditetapkan oleh Kemendikbud terdiri dari empat yaitu input, proses,ouput dan outcome.  Indikator input meliputi jumlah dosen berpendidikan S3, persentase dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen bekerja sebagai praktisi di industri. IPB University meraih skor akhir  tertinggi dari semua indikator yang ditetapkan.

Indikator proses terdiri dari institusi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT), akreditasi program studi BAN-PT,pembelajaran daring, kerjasama perguruan tinggi,kelengkapan laporan PD Dikti,jumlah program studi bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

Indikator ketiga output yang terdiri dari jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian ,kinerja kemahasiswaan dan jumlah program studi yang terakreditasi secara internasional. Indikator keempat terdiri dari kerja inovasi,persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan ,jumlah sitasi per dosen,jumlah paten per dosen dan kinerja pengabdian masyarakat.  Pencapaian besar ini menjadikan IPB University dan seluruh civitas akademikanya patut berbangga sebagai kampus pertanian yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Selain meraih peringkat 1 sebagai perguruan tinggi terbaik versi Kemendikbud, sebelumnya IPB University telah menempati peringkat ke-77 sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia versi pemeringkatan Timer Higher Education (THE) University Impact Ranking 2020. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here