Home Pertanian Kisah Ratna Sari Dewi : Duta Petani Muda Indonesia, Belajar Bertani dari...

Kisah Ratna Sari Dewi : Duta Petani Muda Indonesia, Belajar Bertani dari Youtube

Agrozine.id -Ratna Sari Dewi seorang mahasiswa Program Magister Ekonomi Universitas Udayana memiliki sebuah kebun hortikultura. Setiap hari ia membersihkan kebun dan tanaman miliknya dari dari gulma dan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tanamannya. “Beginilah pekerjaan saya setiap pagi”, ucapnya pada tim Kumparan yang berkunjung ke kebun miliknya (11/05/2019).

Ratna menjalankan pekerjaannya bertani sudah selama 4 tahun. Berawal dari kebosanan hidup dan bekerja di kota besar seperti Denpasar, ia kemudian belajar bertani dan menyewa lahan di Desa Catur Kintamani yang ditanami dengan tanaman jeruk .Selanjutnya lahannya berkembang ke Banjar Belong dan ditanami dengan tanaman sayur-sayuran.

“Saya belajar bertani dari buku, dari Youtube dan sering ngobrol dengan petani muda sukes lainnya”, ucapnya. Karena semangat ramah lingkungan Ratna sangat meminimalisir penggunaan bahan kimia dalam pengelolaan kebunnya dan lebih memilih membuat pupuk organik sendiri dari sisa-sisa tanaman setelah panen.

Ratna menyewa lahan seluas 25 hektar selama 25 tahun, dan diatas lahan tersebut ia bersama seorang mandor menanami tanaman hortikultura seperti brokoli, kale, letas, wortel dan kentang. Pemasaran produknya sudah menjangkau sejumlah hotel, swalayan, pasar dan beberapa keluarga pelanggan setianya.

Ratna menjadikan media sosial sebagai sarananya untuk berjualan. “Saya selalu mengisi akun media sosial dengan kegiatan apa yang saya lakukan di kebun, sehingga pelanggan tahu bagaimana proses untuk mendapatkan produk pertanian yang berkualitas”, ujarnya.

Sejak awal memulai kebunnya, banyak warga yang menganggap Ratna hanya main-main saja, dan uniknya banyak pemuda dan warga sekitar disana yang tidak mengetahui tanaman miliknya. “Saya tidak terpengaruh, kalau kita sudah punya mimpi yang kuat apapun dan siapapun tidak bisa menghalanginya”, ucap Ratna.

Pada tahun 2018, Ratna berhasil lolos menjadi 10 besar Duta Petani Muda Indonesia dan berhasil menyisihkan 200 orang petani muda lainnya yang ada di Bali. Menjadi Duta Petani Muda Indonesia bagi Ratna adalah suatu pengalaman yang menggembirakan. Dengan menjadi duta petani muda, ia bisa bertemu dengan petani muda yang sudah sukses dari seluruh Indonesia.

Di usianya yang masih muda, Ratna Sari Dewi sudah berhasil menjadi salah satu petani milenial yang sukses. “Saya harap akan ada generasi muda lainnya yang ikut bertani, karena peluang sangat besar. Apalagi Bali sebagai daerah pariwisata yang pasti mengandalkan pertanian sebagai pendukungnya”, ucapnya. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here