Home Peternakan Rekomendasi 5 Pakan Terbaik untuk Ayam Petelur, Hasil Produk Olahan Indonesia

Rekomendasi 5 Pakan Terbaik untuk Ayam Petelur, Hasil Produk Olahan Indonesia

Pakan Terbaik Ayam Petelur

Agrozine.id – Budidaya ayam petelur memiliki prospek yang menjanjikan. Untuk memastikan kualitas ayam petelur budidaya, maka harus dipastikan juga penggunaan pakan yang tepat. Pada artikel ini Agrozine akan mengulas rekomendasi pakan terbaik untuk ayam petelur yang merupakan hasil produk olahan Indonesia.

1. Layer Concentrate CAL 9 Mash

CAL 9 Mash Pakan Terbaik Ayam Petelur

Yang pertama adalah Layer Concentrate CAL 9 Mash yang ditujukan untuk pemakaian saat ayam berumur 17 hari hingga akhir. Pakan ini berbentuk tepung dan terbuat dari bahan MBM dan FCR terbaik sehingga mudah untuk dicampur.

Baca Juga : Akhirnya, Fapet Universitas Brawijaya Resmikan Kandang Sistem Closed House

Alasan pakan CAL 9 Mash menjadi pakan terbaik ayam petelur yaitu karena berfungsi untuk mempertahankan kondisi telur ayam tetap stabil.

Untuk menggunakan pakan ini, diperlukan pencampuran berupa tambahan jagung dan bekatul dengan rasio 35% konsentrat layer, 50% jagung dan 15% bekatul.

2. Pakan Ayam Sinta

Sinta Pakan Terbaik Ayam Petelur

Pakan ayam petelur dengan merk Sinta ini tersedia cukup lengkap mulai dari DOC sampai afkir. Untuk masa pre starter (ayam petelur yang berumur 1 hari- 4 minggu tersedia pakan dengan kode merk PS-21 merupakan pakan komplit berbentu butiran dengan kandungan yang cukup lengkap mulai dari protein, serat kasar, lemak, abu, kalsium dan posfor.

Baca Juga: Dua Peternak Muda Asal Bali Ini Membangun Peternakan Ayam Petelur

3. K62 New Hope

K62 New Hope Pakan Terbaik Ayam Petelur

Pakan terbaik ayam petekur jenis New Hope merupakan pendatang baru di Indonesia jika dibandingkan dengan beberapa merk yang sudah ada. Pakan New Hope ini terdiri dari beberapa merk diantaranya adalah pakan konsentrat dengan merk K62 dan SININDO HK336 dan Pakan Komplit L-38-1.

Untuk pakan K62 memiliki kandungan nutrisi yang cukup komplit mulai dari serat kasar, abu dan kalsium. Pakan ini digunakan untuk ayam petelur usia 18 minggu sampai afkir. Dibutuhkan campuran bahan lainnya saat menggunakan pakan ini yaitu berupa campuran K62 35%, jagung 50% dan dedak 15%.

4. K36 Malindo

K36 Malindo Pakan Terbaik Ayam Petelur

Pakan ayam petelur Malindo ini memiliki kandungan berupa kadar air max 10%, protein kasar 34-36%, lemak kasar max 5%, serat kasar max 5%, abu 35%, kalsium 10-12%, fosfor 1-1,5% dan jamur aflatoksin maksimal 40 mikrogram/kg. Pakan ini digunakan untuk ayam petelur berusia 18 minggu sampai afkir.

Baca Juga: Tips Budidaya Ayam Petelur Bagi Kamu Yang Masih Pemula

5. Phokpand

Phokpand Pakan Terbaik Ayam Petelur

Pakan ayam petelur dari Phokpand ini tersedia dalam beberapa merk antara lain 520, 520S, 122, 522, BCL 24 dan masih banyak lagi. Pakan ini tersedia untuk ayam petelur DOC hingga afkir.

Namun merk ini terbilang cukup sulit ditemui di pasaran. Pakan Phokpand ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari kadar air max 12%, protein kasar 30-32%, serat kasar 3%, lemak kasar 3%, abu 32%, serat kasar 8%. Untuk harga, pakan ini dibanderol mulai dari 9-10 ribu per kilogram.

Baca Juga : Mengenal Monstera adansonii atau Janda Bolong, Tanaman Hias Bernilai Tinggi

Nah itulah rekomendasi pakan terbaik ayam petelur, produk olahan Indonesia. Bagi pembudidaya ayam petelur sangat penting untuk memperhatikan kelengkapan pakan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas ayam. Selain itu, pakan ini bisa ditemukan baik di pasar offline maupun di beberapa e-commerce di Indonesia. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here