Home Perikanan Rekomendasi 5 Pakan Terbaik Untuk Udang Vaname

Rekomendasi 5 Pakan Terbaik Untuk Udang Vaname

Rekomendasi Pakan Terbaik Udang Vaname

Agrozine.id – Budidaya udang vaname merupakan salah satu bidang usaha yang diminati banyak orang karena prospeknya yang menjanjikan. Udang vaname sangat laris di pasaran, sehingga keuntungan yang diperoleh dengan budidaya udang ini pun akan semakin tinggi mengingat semakin larisnya udang ini di pasaran. Namun dalam budidaya udang vaname perlu diperhatikan pemberian pakan untuk memastikan kesehatan dan perkembangan udang dengan baik. Nah kali ini Agrozine akan memberikan rekomendasi pakan terbaik untuk udang vaname.

Pakan untuk udang vaname bisa dibedakan menjadi pakan alami dan pakan buatan. Namun saat ini, pakan buatan atau pakan pabrikan udang vaname sudah semakin banyak digunakan lantaran lebih mudah diperoleh dan praktis dalam pengaplikasiannya.

Rekomendasi Pakan Terbaik Udang Vaname

Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi pakan pabrikan untuk udang vaname:

1. Shrimp Starter PV1

PV1 adalah pakan udang vaname adalah pakan pabrikan yang diproduksi oleh PT Suri Tani Pemuka yang jenis dan ukurannya sesuai dengan berbagai tahapan kehidupan udang vaname.

Baca Juga: 3 Jenis Pakan Udang Vaname Berdasarkan Fase Perkembangan

Shrimp Starter PV1 berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan organ-organ udang dan menguatkan sistem kekebalan tubuh udang. Pakan ini sangat cocok untuk udang vaname yang baru ditebar dan masih rawan terhadap penyakit. PV1 baik diberikan saat udang vaname berumur 11-20 hari. Pakan ini sudah sertifikasi ISO 9001 tahun 2015.

2. NOVO CPP

Pakan ini diproduksi oleh PT Central Proteinaprima yang diformulasikan khusus untuk budidaya udang sisten intesif dan semi intensif. Pakan ini diformulasikan dengan kandungan nutrisi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan udang, dimana kandungannya terdiri dari protein minimal 28%, lemak minimal 5%, serat maksimal 4%, abu maksimal 11% dan kadar air maksimal 12%. Tersedia dua pilihan yaitu NOVO 6003 dan NOVO 6003SP.

Baca Juga: Cara Budidaya Udang Vaname dengan Sistem Bioflok

3. Kaiohji Granule

Diproduksi oleh PT Matahari Sakti (MS) dan diperuntukkan bagi udang yang dibudidayakan secara intensif. Pakan ini disebut ramah lingkungan dan dapat membantu udang tumbuh lebih cepat dan sehat. Kaiohji Granule memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • dilengkapi dengan sistem imun yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh udang
  • menghasilkan udang dengan tingkat kelulusan hidup lebih tinggi dan udang tumbuh lebih cepat
  • ramah lingkungan, sehingga tidak mencemari air dan meminimalisir perkembangan penyakit udang
Baca Juga: Peluang Usaha dan Cara Budidaya Udang Vaname, Ikuti Tips Ini!

4. Newhope 98

Diproduksi oleh PT Newhope Aquafeed Indonesia yang terdiri dari 5 jenis pakan yang dapat disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan udang vaname. Newhope 98 dibuat dengan kompisisi tepung ikan, bungkil kedelai, tepung terigu, minyak ikan, phospolipid, vitamin premix dan mineral premix. Disarankan untuk menyimpan pakan udang ini di tempat yang sejuk dan kering untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

5. Feng Li Feng

Diproduksi oleh PT Matahari Sakti (MS) memiliki kandungan protein minimal 40%, lemak minimal 5%, lemak maksimal 2%, abu maksimal13%, kadar air maksimal 11% dan kestabilan di dalam air 90%. Pakan Fengli Feng memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • mengandung asam amino esensial sehingga mempercepat pertumbuhan udang
  • daya tahan udang lebih lama dan survival rate tinggi
  • mendukung pengelolaan less water exchange karena menjadikan kestabilan air baik

 

Nah itulah 5 rekomendasi pakan terbaik untuk udang vaname. Pakan-pakan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan budidaya dan umur udang. Dengan penggunaan pakan yang tepat dan teratur, pertumbuhan udang vaname bisa menjadi lebih cepat dan menghasilkan produksi udang vaname yang lebih stabil. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here