Home Kampus Riset Tanaman Beracun, Tim PKM Unhas Raih Medali

Riset Tanaman Beracun, Tim PKM Unhas Raih Medali

Agrozine.id – Satu lagi tim PKM Unhas yang barhasil meraih medali pada penyelanggaraan PIMNAS ke-33. Tim tersebut meneliti tumbuhan beracun Jatropha gossypifolia untuk dijadikan sebagai obat sariawan. Inovasi yang dihasilkan oleh tim ini diberi nama J-GAS yang diambil dari nama tanaman yang digunakan dan berhasil menambah deretan tim Unhas yang meraih medali perunggu dalam ajang PIMNAS tersebut.

Baca Juga : Mahasiswa Unhas Gagas Inovasi Bisnis Instalasi Hidroponik Murah

Husna Quila Qariska selaku ketua tim ini menjelaskan bahwa keikutsertaanya dalam kompetisi tersebut pada dasarnya adalah bertujuan untuk pengembangan kreativitas sekaligus menjadi bentuk kontribusi dalam peningkatan inovasi yang sesuai dengan penguasaan teknologi dan sains.

Husna dan tim memiliki ide untuk membuat obat sariawan dengan memanfaatkan getah tanaman Jatropha gossypifolia untuk memberikan solusi kekinian mengatasi sariawan yang tidak perih ketika digunakan dan sekaligus juga bermanfaat sebagai obat sakit gigi.

” Kami berharap J-GAS sebagai produk obat sariawan herbal bukan hanya sebagai rencana produk yang diperlombakan, tapi bisa diproduksi dan mendapat izin BPOM, HAKI dan sertifikat Halal sehingga bisa dikenal masyarakat luas dan bisa digunakan untuk mengatasi sariawan juga sakit gigi, juga dikenal sebagai produk lokal yang memiliki banyak manfaat”, jelas Husna.

Baca Juga: Riset Tulang Ikan Antarkan Tim PKM Unhas Raih Emas

Sebelum berhasil meraih medali perunggu dalam kontes PIMNAS, Husna dan tim mengalami banyak kendala. Dijelaskan Husna selain pelaksanaan lomba yang berbeda dengan sebelumnya, beberapa hambatan teknis lainnya juga menjadi kendala dalam perlombaan tersebut. ” Tapi berkat kerjasama tim dan komunikasi yang baik. Dosen pembimbing juga terlibat langsung, jadi bisa teratasi”, ujar Husna.

Melalui penelitian yang dilakukannya bersama tim PKM Unhas tersebut, Husna berharap kedepannya semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengikuti kompetisi PIMNAS dengan ide-ide kreatif lainnya sebagai bentuk keterlibatan aktif mahasiswa dalam mendorong dan mendukung peningkatan kualitas Unhas lebih baik di masa mendatang. Ia juga berharap produk hasil penelitiannya tersebut tidak hanya sebatas ide saja, tapi dapat direalisasikan menjadi produk yang bermanfaat sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. PIMNAS ke-33 ini dilaksanakan secara online dengan Universitas Gadjah Mada sebagai tuan rumah penyelenggara. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here