Home Pertanian Sagoo Me, Pangan Lokal yang Mudah Diakses di Marketplace

Sagoo Me, Pangan Lokal yang Mudah Diakses di Marketplace

Agrozine.id – Kondisi pandemi yang masih terus berlanjut sampai saat ini memang membatasi pergerakan sehingga kemungkinan berbelanja kebutuhan pangan melalui marketplace secara daring semakin meningkat. Saat ini, berbagai produk olahan pangan lokal sudah mudah ditemukan di berbagai Marketplace. Salah satunya adalah Sagoo Me.

Sagoo Me adalah produk olahan pangan lokal dalam bentuk mi berbahan dasar sagu. Produk ini digemari di berbagai kalangan masyarakat. Olahan mi instan dari sagu ini dikemas dalam kemasan yang mudah dikonsumsi yaitu cukup dengan diseduh menggunakan air panas saja.

Produk olahan sagu ini sekarang mudah ditemukan di Pasar Mitra Tani (PMT) yang telah memiliki stand khusus pangan lokal. PMT juga menyediakan berbagai olahan pangan lokal lainnya baik yang sudah jadi, setengah jadi maupun dalam bentuk bahan baku.

Baca Juga:Mengenal SIMPAS: Sistem Aplikasi Resep Multiproduk Pertanian

Pojok Pangan Lokal PMT Bogor beberapa waktu lalu dikunjungi oleh Agung Hendriadi selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan. Dalam kunjungan tersebut ia sempat mencoba Sagoo Me, dan menurutnya produk olahan mi instan tersebut sangat cocok digunakan sebagai pengganti nasi.

“Rasanya enak, saya sudah beberapa kali makan. Dengan makan ini, kita bisa kenyang dan tidak perlu nasi lagi”, ujarnya.

Saat ini Sagoo Me yang tersedia di Marketplace terdiri dari berbagai varian rasa mulai dari rasa ayam bawang, laksa bangka maupun mie goreng dengan kemasan 70 gram. Salah satu keunggulan produk ini adalah karena dikemas dalam kemasan mudah digunakan dan diklaim bebas gluten, rendah Glycemix Index (GI), non Genetyc Modified Organism (GMO) dan tinggi serat.

Baca Juga: Grup Riset Prodi Peternakan UNS Beri Pelatihan Manajemen Pengolahan Abon

Saat ini permintaan akan produk Sagoo Me di pasaran sudah mulai meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pangan lokal juga bisa bersaing di pasaran. “Dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat, produk seperti ini pasti akan semakin mudah berkembang, bahkan hingga menembus pasar ekspor seperti produk mie berbahan terigu”, ujar Yasid Taufik selaku Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan PanganĀ  BKP.

Sejak dulu, sagu sudah digunakan sebagai bahan baku pangan lokal dan saat ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya sedang fokus pada diversifikasi pangan lokal seperti produk olahan Sagoo Me ini. Selain sagu, terdapat 5 komoditas lain yaitu singkong, talas, kentang, jagung dan pisang yang ingin diversifikasi oleh Kementan. Total keenam komoditas tersebut menjadi pangan lokal yang didorong baik dari sisi peningkatan produksi, penguatan akses hingga perbaikan pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang dan aman. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here