Home Biodiversitas Salpa Maggiore, Si Ikan Tembus Pandang

Salpa Maggiore, Si Ikan Tembus Pandang

www.castelvetranoselinunte.it

Agrozine Sobat Agro pernah melihat ikan yang tubuhnya transparan alias tembus pandang? Itulah ikan salpa maggiore. Ikan ini pernah terlihat dan tertangkap di pantai lepas Selandia Baru. Hampir seluruh tubuh ikan ini transparan. Ikan misterius salpa maggiore dikenal juga sebagai salpa maxima.

Salpa maggiore tidak dapat dijumpai maupun ditemukan di sembarang tempat di lautan. Ikan-ikan ini hanya dapat dijumpai dan berkembang biak pada laut dingin Samudera Selatan.

Salpa maggiore adalah makhluk langka yang mempesona. Meskipun salpa maggiore pada umumnya transparan, makhluk ini tetap memiliki sisik, insang, dan hati. Tubuhnya terbungkus dalam struktur seperti kantung yang memiliki lubang di setiap ujungnya. Ikan salpa maggiore dewasa dapat memiliki ukuran tubuh hingga mencapai 25 sentimeter.

Karakteristik transparan  yang dimiliki ikan ini membuatnya mirip dengan ubur-ubur. Namun, sebenarnya ikan ini lebih merupakan kombinasi antara udang dan ikan. Ia berenang melalui air dengan memompa air ke seluruh tubuhnya sehingga dapat meluncur di permukaan air sambil berkamuflase, berkat sifat transparannya.

Meskipun ikan ini berenang dalam koloni, ikan ini adalah jenis hewan laut yang sering menjelajah sendirian. Saat mereka memompa air ke seluruh tubuh dan meluncur, ikan ini menyaring isinya dan mengeluarkan ganggang dan fitoplankton.

Keunikan lain ikan ini adalah bahwa individunya tidak berhubungan seks. Mereka mampu secara mandiri menghasilkan keturunan. Salpa maggiore menggunakan arus listrik untuk berkomunikasi dan menyinkronkan gerakannya saat bersama.

Penampilan transparan dari salpa adalah bentuk dari kamuflase agar terhindar dari predator. Makhluk ini sering mengapung di sepanjang permukaan laut untuk mendapatkan makan dan tidak memiliki cara untuk membela diri terhadap pemangsa. Namun, meskipun ikan transparan ini ditemukan di bagian atas perairan, tidak semua orang dapat melihatnya. Sebab, meski bisa berenang ke permukaan laut, makhluk ini cenderung tinggal lebih dekat ke kedalaman laut.

Salpa maggiore tidak berbahaya dan hanya akan memakan makhluk kecil seperti plankton. Penting untuk dicatat bahwa reproduksi dan jumlah spesies ini selalu sejalan dengan tingkat fitoplankton yang mengelilinginya. Saat terjadi lonjakan populasi fitoplankton, makhluk ini akan berkembang pesat. Namun, saat jumlah populasi  fitoplankton kembali normal, jumlah salpa maggiore juga akan menyesuaikan. Hal ini memastikan keseimbangan alam terjaga di kedalaman laut.

Demikianlah informasi tentang ikan salpa maggiore. Semoga bermanfaat dan memotivasi kamu untuk turut serta menjaga kelestariannya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here