Home Peternakan Aberdeen Angus, Sapi Hitam Penghasil Daging High Quality

Aberdeen Angus, Sapi Hitam Penghasil Daging High Quality

www.aberdeen-angus.co.uk

Agrozine – Bagi sobat agro yang sedang mencari bibit sapi unggul, jenis sapi ini bisa menjadi pilihan yang amat layak dipertimbangkan. Sapi ini sangat cocok sebagai sapi potong atau pedaging karena posturnya yang besar dengan kualitas daging yang sangat baik. Dagingnya padat dengan tekstur yang empuk sehingga disukai oleh konsumen. Banyak peternak yang mencoba untuk memeliharanya karena keunggulannya. Ingin tahu lebih jauh tentang jenis sapi aberdeen angus? Silakan sobat simak infonya berikut ini.

Sapi ini awalnya berkembang biak di wilayah Aberdeenshire dan Angus yang merupakan dataran tinggi di Skotlandia. Oleh karena itu, nama sapi ini populer disebut sapi aberdeen angus. Penyebaran sapi ini dari Eropa menyebar ke Amerika, Australia, dan Selandia Baru.

Sapi angus didatangkan dari Selandia Baru ke Indonesia sejak tahun 1974, . Sekarang ini pengembangbiakan sapi jenis angus ini semakin populer. Meskipun sapi jenis ini berasal dari daerah sub-tropis, tetap bisa diternakkan di daerah tropis seperti di Indonesia. Kemampuan adaptasinya cukup baik dan cepat dengan berbagai kondisi lingkungan.

Postur badannya kompak, padat berisi, dengan tubuh yang memanjang dan punggung yang lurus. Leher, kepala, dan telinganya memiliki ukuran yang relatif pendek. Bobot sapi betina dewasa mencapai 550-750 kg, sedangkan yang jantan mencapai 800-1.000 kg.
Sapi angus memiliki dua warna dominan. Kulit sapi ini kebanyakan berwarna hitam atau merah mulus. Warna putih hanya muncul di beberapa bagian tertentu.

Sapi kekar ini tidak memiliki tanduk sehingga tidak begitu membahayakan jika marah. Oleh karena itu, sapi ini sering dijadikan indukan untuk cross breeding dan menghasilkan anakan sapi tanpa induk.

Tidak seperti sapi jawa atau sapi ongole, sapi angus tidak memiliki punuk di punggungnya. Punggungnya rata dan lurus dengan ukuran yang bidang. Meskipun bertubuh besar, sapi ini dapat bergerak dengan cepat, lincah, dan juga aktif. Sapi ini tergolong jenis sapi yang mampu tumbuh dengan baik dan cepat dalam berbagai kondisi. Meskipun sapi ini mendapatkan pakan dengan kualitas rendah, tetapi pertumbuhan tubuh dan dagingnya tetap cepat. Pertambahan bobot badan hariannya sekitar 1,2-1,5 Kg.

Aberdeen angus adalah induk yang baik. Mereka menurunkan sifat dan karakter yang baik dalam merawat dan menyusui anak-anaknya. Inilah salah satu alasan mengapa sapi ini cukup mudah diternakkan.

Jenis binatang ini memiliki karakter yang baik, yaitu jinak dan tenang. Jarang sekali sapi-sapi ini bertindak membahayakan. Para peternak umumnya tidak banyak mengalami kendala saat menernakkan jenis sapi ini. Selain itu, Angus juga memiliki karakter keibuan yang baik dan tidak sulit dalam melahirkan.

Generasi asli sapi angus banyak dipergunakan sebagai indukan untuk kawin silang. Tujuannya adalah untuk menghasilkan keturunan sapi potong dengan kualitas yang lebih baik.

Proses kelahiran anak sapi angus umumnya berlangsung dengan mudah karena pedet memiliki bobot lahir yang ringan. Masa beranak sapi angus betina sangat cepat dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Kualitas susu yang dihasilkannya juga bermutu tinggi.

Pada umur 18 bulan, sapi angus telah memiliki daging yang tebal dan empuk dengan bobot tulang yang ringan. Karena itu, pemotongan sapi angus sebelum usia 2,5 tahun menghasilkan karkas dengan persentase yang tinggi, yaitu mencapai 60%.

Salah satu hasil persilangan dari sapi angus yang merupakan bibit sapi unggul, yaitu sapi brangus. Sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi angus dan sapi brahman. Komposisi darah pada hasil persilangannya ialah komposisi 5/8 dari sapi angus dan 3/8 dari sapi brahman.

Sapi aberdeen brangus membawa sifat kualitas karkas yang tinggi dari sapi angus dan ketahanan tubuh sapi brahman. Keunggulan utamanya adalah tahan terhadap kondisi iklim panas maupun dingin, juga tahan terhadap penyakit. Sapi brangus jantan mempunyai bobot sekitar 816 – 997 kg, sedangkan sapi brangus betina memiliki rata-rata bobot sekitar 544 kg. Bukan hanya bobotnya yang besar, daging dari sapi brangus ini juga memiliki kualitas unggul.

Demikian informasi tentang sapi aberdeen angus. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here