Home Hortikultura Sawi Pagoda, Tanaman Sayur Yang Menggoda Mata

Sawi Pagoda, Tanaman Sayur Yang Menggoda Mata

reddit.com

Agrozine Sawi Pagoda yang bernama Brassica narinosa dikenal juga dengan nama Ta Ke Chai dan Tatsoi.  Sawi ini berasal dari beberapa daerah, salah satunya adalah Tiongkok. Sawi ini memiliki bentuk dan warna yang unik. Selain bentuk daunnya yang oval dan tajuknya berbentuk seperti bangunan pagoda, sawi ini juga memiliki warna hijau pekat yang sangat mencolok, serta bagian batang dan daun yang renyah. Sawi ini tahan terhadap suhu dingin.

Benih sawi ini awal mulanya disemai dahulu dan langsung dikenalkan dengan sinar matahari agar tidak terjadi etiolasi. Setelah 2 hari, benih akan tumbuh. Sekitar hari ke 9-10, tanaman ini akan keluar daun sejatinya alias berdaun 4. Saat sudah memiliki daun sejati, baru tanaman ini dapat diberi nutrisi tambahan. Sebelumnya, tanaman ini tidak diberikan nutrisi tambahan karena mereka masih mendapatkan nutrisinya sendiri yang terdapat dari benihnya itu.

Hama yang menyerang tanaman sawi pagoda adalah kutu aphid, kutu putih/kutu kebul, dan spider mite. Pestisida yang diberikan untuk membasmi hama-hama pada sawi ini adalah pestisida nabati yang terbuat dari bawang putih atau daun pepaya.

Sawi Pagoda ini memiliki kandungan yang berperan baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan dari Sawi ini adalah Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Asam Folat, dan Asam Glukosinolat. .

Berdasarkan kandungannya tersebut, berikut ini manfaat dan khasiat Sawi Pagoda untuk Kesehatan:

  • Vitamin A pada tumbuhan sawi ini berperan penting bagi kesehatan mata manusia.
  • Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit agar tidak kering.
  • Vitamin K berfungsi untuk membantu dalam proses pembekuan darah jika adanya luka pada tubuh.
  • Asam folat berfungsi untuk perkembangan janin agar tumbuh dengan baik pada ibu hamil dan membantu pembentukan sel-sel darah merah dan sumsum tulang.
  • Asam glukosinolat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker yang menyerang tubuh.

Demikianlah pengenalan tentang sawi pagoda yang unik dan menyehatkan tubuh. Semoga bermanfaat dan semoga memotivasi kamu untuk turut serta melestarikan tanaman ini. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here