Home Perkebunan SDP Teliti Genom Kelapa Sawit Mendukung Industri Bebas Deforestasi

SDP Teliti Genom Kelapa Sawit Mendukung Industri Bebas Deforestasi

Agrozine.id – Sime Darby Plantation (SDP) mengumumkan hasil penelitiannya yang sudah dipublikasikan terkait dengan perakitan genom kelapa sawit “Plants” yang diterbitkan oleh  MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Lembaga). Publikasi hasil penelitian genom kelapa sawit untuk mendukung industri bebas deforestasi tersebut dilakukan pada tahun 2020 dan sudah tersedia di situs web Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi (NCBI).

Baca Juga: Komitmen Cargill Tropical Palm Jalankan Bisnis yang Berkelanjutan

Publikasi hasil penelitian terkait genom kelapa sawit tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membagikan penelitiannya yang akan mempercepat pekerjaan peneliti lain untuk meningkatkan hasil kelapa sawit dan membatasi deforestasi dengan memproduksi lebih banyak minyak tanpa perlu membuka lebih banyak lahan.

Dr Hariskrishna selaku SDP Chief Research and Development (R&D) Officer mengatakan bahwa pihaknya senang karena berhasil membuat urutan genom yang tersedia untuk umum. “Kami telah berhasil meningkatkan perakitan genom kelapa sawit yang ada dari 43 persen menjadi 79 persen dari kelengkapan. Ini penting karena genom adalah peta referensi untuk menemukan dan mengendalikan berbagai sifat utama kelapa sawit seperti hasil minyak”, jelasnya. ” Kami berharap data ini dapat dimanfaatkan oleh para peneliti untuk meningkatkan genom lain yang berkerabat dengan spesies palem seperti kurma dan kelapa”, tambahnya.

Baca Juga: Pemulihan Minyak Sawit Berkelanjutan Selama Pandemi

“Sungguh menakjubkan bahwa tim SDP telah menyusun teka-teki gambar yang rumit dari genom kelapas sawit. Mereka telah menempatkan platform kimia dan biologi, tim informatika dan model matematika untuk memecahkan masalah ini dan hasilnya sangat mengesankan. Hari-hari ketika perusahaan dapat melakukan ekspansi dengan membuka lebih banyak lahan atau mengembangkan perkebunan yang lebih besar sudah berakhir. Jadi inovasi yang masuk akal, dapat diskalakan dan berkelanjutan secara ilmiah seperti ini digunakan oleh industri itu membuat sebuah perbedaan”, kata Prof Anthony Sinskey dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sebagai perusahaan perkebunan global yang terintegrasi penuh, SDP telah terlibat dalam berbagai aktivitas di spektrum rantai nilai minyak sawit termasuk perkebunan hulu, operasai hilir, penelitian dan pengembangan, energi terbarukan dan agrobisnis. Salah satu penelitian terbaru SDP adalah penelitian genom kelapa sawit sebagai upaya untuk mendukung perkebunan rendah deforestasi tanpa harus membuka lahan lebih banyak lagi (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here