Home Biodiversitas SEAMEO BIOTROP, IPB University dan 23 Universitas dari Filipina Membangun Jaringan pada...

SEAMEO BIOTROP, IPB University dan 23 Universitas dari Filipina Membangun Jaringan pada Biologi Tropis di Kawasan Asia Tenggara

Agrozine.id – Pusat Regional Asia Tenggara untuk Biologi Tropis (SEAMEO BIOTROP), IPB University dan 23 Universitas dari Filipina memprakarsai program pendidikan kolaboratif antara Indonesia dengan Filipina untuk membangun jaringan biologis tropis Asia Tenggara.

Pertemuan membahas kerjasama ini dilaksanakan secara oline dengan perwakilan dari Filipina yaitu Dr Aldrin Darilag selaku Komisioner Komisi Pendidikan Tinggi (CHED) Departemen Pendidikan Filipina, delegsi Indonesia dipimpin oleg Prof Dr Arif Satria selaku Rektor dari IPB University dan Ketua Dewan Pengurus SEAMEO BIOTROP Dr Zulhamsyah Imran selaku Direktur SEAME BIOTROP.

Selain itu, pertemuan kolaborasi ini juga diikuti oleh Dr Perdinan, Deputy Director of Administration SEAMEO BIOTROP dan para ilmuwan afiliasi, manajer dan staf SEAMEO BIOTROP.

Prof Arif Satria menyampaikan apresiasi atas kerjasama antara perguruan tinggi Indonesia dengan Filipina yang dikoordinir oleh SEAMEO BIOTROP. SEAMEA BIOTROP memiliki peran strategis dalam pertukaran informasi dan transfer eknologi khususnya di jenjang pendidikan tinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Kenapa Sapi Holstein Berukuran Besar? Cek Faktanya Berikut Ini!

Program Rekomendasi Untuk Biologi Tropis Asia Tenggara

Prof Arif menyampaikan rekomendasinya tentang vocal point dari kolaborasi tersebut:

  • meningkatkan kapasitas dan kehlian sumber daya manusia di kawasan Asia Tenggara
  • mengelola mekanisme berbagai pengatahuan dan informasi tentang sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, iklim dan ekowisata
  • digitilasisasi media pembelajaran untuk mendukung “Education for All”
  • mengembangkan forum kepemimpinan untuk mempengaruhi kebijakan di kawasan Asia Tenggara untuk memerangi hilangnya keanekaragaman hayati
  • membangun program kolaboratif antar negera di kawasan Asia Tenggara, khususnya di bidang pendidikan dan biodiversitas
  • mengorganisisr masyarakat untuk melestarikan keanekaragaman hayati melalui kearifan lokal

Dr Aldrian Darilag menerima rekomendasi tersebut dan berharap dalam membangun program kolaboratif tentang keanekaragaman hayati tropis bisa terwujud dengan baik. Progrm kolaboratif tersebut harus diwujudkan dengan membangun Tropical Biology Network di Kawasan Asia Tenggara yang dikoordinasikan oleh SEAMEO BIOTROP.

Directur SEAMEO BIOTROP, Dr Zulhamsyah Imran juga sangat mengapresiasi inisiasi kerjasama antara Indonesia dengan Filipina ini dan menyatakan bahwa kerjasama ini sejalan dengan program SEAMEO BIOTROP.

Oleh karena itu pihaknya akan mendukung program ini sebagai upaya menghadapi tantangan industri 4.0 dan masyarakat 5.0 dan tantangan tersebut diterima secara langsung sebagai peluang untuk meningkatkan peran SEAMEO BIOTROP untuk mengembangkan pelatihan, penelitian dan penyebaran informasi di bidang biologi tropis asia tenggara.

Lebih lanjut dikatakan Dr Zulhamsyah bahwa pihaknya siap mensinergikan misinya dengan IPB UNiversity, CHED dan 23 universitas dari Filipina untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan SEAMEO BIOTROP kedepannya.

Baca Juga: IPB University dan Universitas Jember Jalin Kerjasama Bentuk 
Poros Ketahanan Pangan

Sebagai langkah konkrit dari kerjasama ini diadakan diskusi menyusun rekomendasi dan tanggapan  yang menyimpulkan bahwa program kerjasama antara Indonesia dan Filipina akan dilakukan di bidang:

  • penelitian tentang ekosiste darat dan laut
  • pertukaran ahli dan sistem pembeajaran virtual
  • pertukaran pengetahuan dan informasi dan berbagi informasi untuk siswa sekolah menengah dan universitas
  • publikasi hasil penelitian ilmiah internasional melalui Scopus terindeks Jurnal BIOTROPIA SEAMEO BIOTROP
  • pengembangan media dan kurikulum pendidikan biologi tropika
  • membangun database dan pengetahuan tentang sumberdaya biologi tropis dan keanekaragaman hayati

Pembahasan keerjasama antara SEAMEO BIOTROP, IPB University dan 23 universitas dari Filipina ini diakhiri dengan kesepakatan untuk menyusun langkah teknis dan pedoman untuk mewujudkan program kolaboratif pembangunan jaringan biologi tropis di Asia Tenggara yang diprakarsai oleh SEAMEO BIOTROP, IPB University dan 23 universitas Filipina yang diharapkan dapat mengikutsertakan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here