Home Biodiversitas Simak 5 Struktur Bagian Bumi yang Menopang Kehidupan di Dalamnya

Simak 5 Struktur Bagian Bumi yang Menopang Kehidupan di Dalamnya

5 struktur bagian Bumi

Agrozine.id – Bumi adalah sebuah planet yang telah mengalami banyak evolusi dan membuat planet ini menjadi lebih layak untuk dijadikan rumah bagi seluruh kehidupan di dalamnya. Itu semua berkat adanya 5 struktur bagian Bumi yang menopang kehidupan kita sampai detik ini.

Lalu, apa saja kah itu? Berikut ini adalah 5 struktur bagian Bumi yang menopang kehidupan seluruh penghuni planet ini. Yuk, simak ulasannya!

  1. Atmosfer

Lapisan atmosfer merupakan lapisan gas dan uap air yang melindungi Bumi dari berbagai macam gangguan yang datang dari luar Bumi. Ketebalan atmosfer bisa mencapai ratusan hingga ribuan kilometer.

Lapisan tersebut akan terlihat membungkus Bumi bagaikan mantel gas. Keberadaan atmosfer sangat vital bagi keberlangsungan hidup biologis.

Lima lapisan atmosfer Bumi adalah troposfer; stratosfer; mesosfer; termosfer; dan ionosfer. Kelima lapisan tersebut bertugas melindungi Bumi dari segala macam gangguan, mulai dari batuan luar angkasa hingga panas Matahari yang bisa mematikan.

Baca juga: Ekosistem Karbon Biru Kurangi Pelepasan CO2 di Atmosfer Bumi
  1. Litosfer

Lapisan litosfer atau kerak Bumi juga salah satu bagian penting. Lapisan litosfer terdiri dari berbagai macam batuan beku, sedimen, mineral, dan lain sebagainya. Meskipun kerak Bumi menjadi tempat kita untuk berpijak, faktanya kerak Bumi hanya menempati kurang dari 1 persen dari total volume Bumi.

Lapisan litosfer atau kerak bumi juga terbagi menjadi dua bagian besar, yakni kerak benua dan kerak samudera. Suhu akan semakin meningkat sesuai dengan kedalamannya. Semakin dalam maka semakin akan tinggi suhunya.

  1. Mantel Bumi

Mantel Bumi merupakan struktur yang lebih dalam dari litosfer. Bagian ini merupakan bagian yang terbesar yakni mencapai 84 persen dari total volume Bumi. Ketebalannya bisa mencapai 2.900 kilometer dengan suhu 3.000 derajat Celcius. Lapisan ini terbentuk pada 4,5 miliar tahun lalu melalui proses pemisahan antara batuan Bumi dan mineral-mineral lainnya.

Baca juga: Walhi Dukung Gugatan Terhadap Shell Terkait Kerusakan Iklim

Mantel Bumi berfungsi sebagai penjaga keseimbangan suhu di kerak Bumi. Beberapa aktivitas pada mantel Bumi dapat mengakibatkan dorongan fisik pada lempeng tektonik. Itu sebabnya, geseran-geseran lempeng tektonik tersebut dapat mengakibatkan gempa, gunung meletus, tsunami, dan bahkan pembentukan gunung berapi yang baru.

  1. Inti Bumi bagian luar

Bumi bagian luar merupakan struktur yang ada di antara mantel Bumi dan inti Bumi. Inti Bumi bagian luar berwujud cairan panas dengan tebal sekitar 2.300 kilometer. Suhu pada bagian Bumi ini mencapai 4.500 hingga 5.700 derajat Celcius, jauh lebih panas jika dibandingkan dengan mantel Bumi.

Fungsi dari inti Bumi bagian luar ini adalah membantu kestabilan dari medan magnet Bumi. Medan magnetik Bumi yang ada pada lapisan tersebut akan jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan ukuran medan magnet dari permukaan Bumi.

  1. Inti Bumi bagian terdalam

Lapisan Inti Bumi bagian terdalam adalah bagian terpanas dari Bumi. Suhu pada bagian inti Bumi bagian dalam diperkirakan sama dengan suhu permukaan Matahari, yakni 5.700 hingga 6.000 derajat celcius.

Inti Bumi sebagian besarnya adalah padat dan mayoritas terdiri dari besi, meskipun beberapa bagian mungkin lebih lembut daripada bagian lainnya. Unsur-unsur yang ada pada inti Bumi yakni nikel, silikon, dan logam yang mirip dengan mineral besi.

Itulah 5 struktur bagian Bumi yang menopang kehidupan seluruh penghuni planet ini. Bayangkan saja jika tidak ada struktur bagian Bumi ini, pastinya tidak aka nada kehidupan di Bumi. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here