Home Perkebunan Sime Darby Plantation Bhd Lakukan OJT Kepada Narapidana di Malasyia

Sime Darby Plantation Bhd Lakukan OJT Kepada Narapidana di Malasyia

Agrozine.id – Sime Darby Plantation Bhd bekerja sama dengan Departemen Penjara Malasyia dan memberikan kesempatan kepada narapidana untuk memulai hidup baru melalui Corporate Smart Internship Program (CSI). Melalui program yang diadakan di perkebunan kelapa sawit tersebut, Sime Darby memberikan kesempatan kepada narapidana  untuk memulai hidup baru dengan engikuti pelatihan  keterampilan teknis dan sosial untuk pembebasan bersyarat dan yang diawasi.

Kepala Sumber Daya Manusia Sime Darby Plantation, Zulkifli Zainal Abidin mengatakan sejak tahun 2018, Sime Darby telah mendukung program Departemen Penjara Malasyia. “Kami percaya ini adalah platform yang baik untuk membawa perubahan positif dalam komunitas kami”, ujarnya.

Pada tahap awal kolaborasi ini kami melatih total 40 ODP di Sarawak dan saat ini kami dengan senang hati memberikan pelatihan tenkin dan sosial kepada ODS melalui program “On Job Training (OJT)”, kami di Semenanjung Malasyia”, tambahnya.

Pendekatan yang diberikan oleh Sime Derby melalui program OJT tersebut tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga memperkuat keterampilan sosial dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi dekat dengan pekerja perkebunan lainnya dalam komunitas multi ras dan multi nasional.

Baca Juga: Melalui Kebijakan NDPE, Wilmar Dorong Pemasok Lindungi Kawasan Ekosistem Leuser

Para narapidana tersebut diwajibkan melaksanakan tugas di perkebunan kelapa sawit minimal 3 bulan ke atas untuk ODP dan minimal 3 bulan untuk ODS. Selain itu mereka juga diberikan insentif, seperti gaji minimum RM1.100 dan upah lembur jika berhasil melaksanakan tugas yang diberikan melebihi target.

Salah seorang narapidana bernama Awie berusia 33 tahun mengaku senang bekerja di perkebunan kelapa sawit. “Di tahap awal banyak yang harus diperhatikan, namun lama kelamaan saya mulai menikmatinya”, ujarnya.

Meski sebagian orang mungkin memandang rendah pekerjaan kasar, namun Awie memandangnya dengan cara yang berbeda karena dia mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan kesempatan untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit milik Sime Darby Plantation.

Selain itu,narapidana lain yang dikenal dengan nama Zack berusia 26 tahun juga menerima pekerjaan di perkebunan sawit tersebut karena masa lalunya yang dulu pernaj bekerja di perkebunan kelapa sawit. “Saya bersyukur bisa dipilih bekerja di perusahaan ini”, ujarnya. Menurut beberapa narapidana penting bagi ODS untuk diberikan kesempatan seperti ini bekerja di sektor swasta karena akan membantu mereka untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama ketika sudah bebas.

Baca Juga : PT Sawit Sumbermass Sarana Terapkan Sistem Intrgrasi Sawit-Sapi

Selain memberikan peluang berharga bagi komunitas ODP dan ODS program ini akan menumbuhkan rasa percaya diri dan realisasi bahwa mereka bisa menjalani kehidupan yang lebih baik di masa depan. Program On Job Training dari Sime Darby Plantation Bhd ini dirasa memberikan manfaat positif bagi para narapidana. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here