Home Pertanian Skema Setor Hasil Panen, Startup Crowde Tawarkan Modal Kerja Untuk Petani

Skema Setor Hasil Panen, Startup Crowde Tawarkan Modal Kerja Untuk Petani

Agrozine.id – Startup Crowde yang bergerak di bidang finansial pembiayaan menawarkan modal kerja untuk petani dengan skema setor hasil panen yang dinamakan dengan program Gerakan Rakyat Petani (GARAP).

Adaun komoditas pertanian yang disasar untuk program GARAP ini antara lain jagung, padi dan cabai dengan besaran modal yang berbeda-beda tergantung dengan komoditasnya. Hal tersebut dijelaskan oleh Ismail Hasvi selaku konsultan petani Crowde.

Baca Juga : Bank BJB Gandeng Crowde Salurkan KUR Mikro Kepada Petani

Modal kerja yang diberikan kepada petani tersebut dapat dikembalikan dengan hasil panen menyesuaikan komoditas yang ditanam. Salah satu contoh untuk komoditas cabai yang dibudidayakan di lahan seluas 2500 meter persegi, maka petani harus menyetorkan hasil panen sebanyak 1,75 ton.

Sementara untuk komoditas padi yang ditanam diatas lahan seluas 10.000 meter persegi, petani akan menyetorkan hasil panen sebanyak 5,7 ton dan jika hasil panen melebihi maka akan menjadi hak petani.

Skema tersebut telah diterapkan startup Crowde di 6 wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Baca Juga : Kenali Startup Crowde, Solusi Masalah Modal Petani

Pinjaman ini akan menjadi opsi bagi petani untuk menjalankan usahanya karena akses modal menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi petani sehingga produktivitasnya tidak maksimal.

Salah satu sumber akses modal untuk petani adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun menurut Ismail konsep tersebut belum berjalan dengan maksimal.

Selain itu realisasi pinjaman modal untuk petani pun masih dibawah 7 persen sehingga untuk meningkatkan hasil produksinya, petani harus mencari sumber modal dari pihak lain yang tidak jarang malah mengakibatkan kerugian kepada petani karena skema yang diterapkan memberatkan petani.

Ismail menjelaskan melalui program GARAP, Crowde tidak hanya memberikan pinjaman modal tapi juga sarana produksi, pendampingan langsung oleh tenaga ahli dan akses pasar.

Baca Juga : iGrow Berkomitmen Kembangkan Ekosistem Bisnis Pertanian Modern

Data terakhir di tahun 2018, Crowde telah menyalurkan dana sebesar 51 miliar kepada lebih dari 10.000 pelaku usaha pertanian seperti petani, peternak, nelayan dan petambak yang ada di Indonesia, dimana sumber pendanaan tersebut adalah dari sekitar 23.000 investor yang terlibat dalam proyek permodalan di platform Crowde.

Untuk dIketahui startup Crowde adalah sebuah perusahaan rintisan teknologi peer to peer lending yang bergerak di bidang permodalan kegiatan agrikultur seperti pertanian, peternakan dan perikanan. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here