Home Kampus Smart Green House Polbangtan Bogor, Upaya Tingkatkan Pertanian yang Maju, Mandiri &...

Smart Green House Polbangtan Bogor, Upaya Tingkatkan Pertanian yang Maju, Mandiri & Modern

Smart Green House Polbangtan Bogor

Agrozine.id – Di era revolusi industri 4.0 kemajuan teknologi semakin pesat, termasuk di sektor pertanian. SKementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pembanguan Pertanian (Polbangtan) Bogor membuat sebuah Smart Green House sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan produksi berkelanjutan. Apa itu Smart Green House Polbangtan Bogor? Daripada semakin penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Vokasi Kementan, Polbangtan Bogor berfokus di bidang pertanian untuk mengembangkan pertanian verdas atau smart agriculture. Dan Smart Green House itu sebenarnya bagian dari smart agriculture yang sedang dibangun sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

“Polbangtan Bogor itu kampus yang punya ciri khas di bidang smart agriculture. Maka kita perlu adanya fasilitas-fasilitas yang smart (cerdas), salah satunya yaitu dengan adanya Smart Green House ini,” ungkap Dr. Ir. Siswoyo, MP., Direktur Polbangtan Bogor kepada tim Agrozine beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kementan Launching Smart Green House di Polbangtan Bogor

Siswoyo mengatakan jika Smart Green House Polbangtan Bogor ini adalah cermin dari implementasi pertanian modern dengan mengedepankan basis teknologi artificial intelegen. “Jadi yang penting kita ada jaringan internet, kita bisa tau karena kita punya sensoring di SGH ini yang bisa dilihat di smartphone,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tujuan utama dibangunnya Smart Green House Polbangtan Bogor ini adalah untuk meningkatkan SDM pertanian yang baik dan berkualitas. Smart Green House ini digunakan sebagai sarana mahasiswa untuk melakukan kegiatan praktek, mulai dari budidaya hingga pascapanen. Karena, diketahui kurikulum di Polbangtan Bogor adalah 70% praktek dan 30% teori.

Metode pembelajaran pendidikan vokasi dilakukan dengan pendekatan teaching factory (TEFA), yaitu dengan menerapkan sistem pembelajaran yang dikembangkan semirip mungkin dengan dunia kerja dan dunia industri.

Kemudian, tujuan kedua yaitu untuk mendukung kegiatan riset baik untuk dosen maupun umum. Selain itu juga sebagai sarana eduwisata bagi masyarakat umum dan menjadi tempat magang bagi anak-anak SMK. Di Smart Green House Polbangtan Bogor ini juga membuka kelas bimbingan dan teknis (Bimtek) terkait budidaya sayuran hidroponik berbasis teknologi.

“Intinya kita ini ingin membangun SDM yang mengusai pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” tegas Siswoyo.

Dengan adanya tuntutan kemajuan pertanian yang maju, mandiri dan modern, maka perlu didukung oleh SDM yang mampu mengelola usaha pertanian berbasis teknologi untuk mendukung prioritas kebijakan pembangunan pertanian berbasis food security atau ketahanan pangan. Dan salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun Smart Green House di Polbangtan Bogor ini.

Diharapkan, nantinya Smart Green House mampu melahirkan petani-petani millennial yang berjiwa entrepreneur di bidang hortikultura. Sehingga bisa mengubah imej bahwa pertanian adalah sesuatu yang menyenangkan dan menjanjikan. Kedepannya, pertanian Indonesia bisa dikendalikan oleh anak-anak muda yang maju, mandiri, dan modern. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here