Home Perikanan Solusi Inovatif Kurangi Polusi Plastik di Laut

Solusi Inovatif Kurangi Polusi Plastik di Laut

Agrozine.id – Lebih dari 8 miliar kilogram plastik memasuki lautan dunia setiap tahun. Kini polusi plastik laut telah menjadi salah satu masalah lingkungan paling mendesak yang sedang dihadapi dunia saat ini. Wilayah Asia khususnya mengalami masalah lingkungan ini. Di 5 negara Asia termasuk China,Indonesia,Filipina,Thailand dan Vietnam mengalami masalah lingkungan ini. Kelima negara tersebut telah  menghasilkan 60 persen kebocoran sampah plastik laut ini. Untuk itu dibutuhkan solusi inovatif kurangi polusi plastik di laut sehingga masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

Menggunungnya sampah plastik di lautan ini menunjukkan bahwa meskipun penggunaan plastik sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari,pengetahuan manusia tentang plastik masih minim. Selain itu daya tahan plastik yang lama membuatnya sukar terurai di dalam lautan.

Selain penggunaan plastik yang semakin tinggi,pada saat yang bersamaan ketidakmampuan untuk mengelola sampah plastik ini menjadi penyebab semakin banyaknya sampah plastik di lautan.

AVPN, bersama dengan Keluarga ECCA menerbitkan laporan “Surfacing Innovative Solutions for Reducing Marine Plastic Pollution” yaitu  sebuah studi yang mengevaluasi solusi yang tersedia untuk mengurangi polusi laut di  Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Berdasarkan keterangannya dalam wawancara terbuka AVPN bekerja sama dengan berbagai organisasi sosial dan termasuk juga organisasi nirlaba dan perusahaan sosial dalam melakukan risetnya.

Melalui riset tersebut AVPN mengatakan bahwa hal ini menjadi tantangan dan sekaligus peluan investasi sosial di masa depan. Dan dengan demikian riset ini akan mampu:

1.memberikan analisis lanskap berbasis lingkungan yang berangkat dari situasi negara-negara saat ini

2.menyoroti intervensi yang diterapkan sejauh ini, dan

3.mengidentifikasi tantangan dan peluang untuk investasi sosial di masa depan

Kebijakan yang dibuat untuk mengurangi keberadaan sampah plastik di laut saat ini adalah dengan membuat kebijakan yang mengindari sampah plastik dan mikroplastik masuk ke dalam lautan.

Sebagai tindak lanjut untuk memberikan solusi atas permasalahan ini adalah dengan dibentuknya suatu kerjasama internasional untuk mengkaji opsi penanganan masalah sampah plastik di laut yang mengikat secara hukum.

Dengan demikian diharapkan akan ditemukan solusi inovatif kurangi polusi plastik di laut sehingga lautan kembali bersih. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here