Home Kampus Sorgum Hidroponik sebagai Hijauan Pakan Ternak Alternatif

Sorgum Hidroponik sebagai Hijauan Pakan Ternak Alternatif

Pakan Hijauan Alternatif

Agrozine.id – Bagi ternak ruminansia, pakan hijauan merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Namun, faktanya pakan hijauan ini sangat terbatas ketersediannya karena beberapa faktor. Hal itulah yang melatarbelakangi Ari Khiyatil Jaliyah, mahasiswa Program Doktor Ilmu Ternak di Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) melakukan penelitian berjudul “Evaluasi Produktivitas dan Kualitas Hijauan Sorgum Hidroponik sebagai Pakan Hijauan Alternatif”.

Pakan Hijauan Alternatif

Ketersediaan lahan yang terbatas menyebabkan kualitas dan kontinyuitas penananaman hijauan terganggu. Sementara itu, adanya alih fungsi lahan sebagai sumber penyediaan hijauan juga menjadi salah satu faktor minimnya hijauan pakan. Oleh karenanya perlu pemanfaatan lahan terbatas melalui sistem hidroponik untuk produksi hijauan pakan.

Menurut Ari yang merupakan salah satu staf Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, penggunaan sistem hidroponik memungkinkan untuk produksi hijauan pakan secara berkesinambungan. Sebab membutuhkan lebih sedikit ruang dan waktu daripada sistem konvensional sehingga ideal untuk peternak dengan pekarangan atau lahan yang terbatas.

Baca juga: Inovasi Pakan Alternatif Ternak Babi Karya Dosen UB

Dalam penelitiannya tersebut, Ari menggunakan biji sorgum sebagai bahan baku yang digunakan untuk membuat hijauan pakan ternak alternatif.

Ari mengungkapkan, bahan baku yang digunakan adalah biji yang bisa tumbuh dan berkembang dengan umur panen yang singkat. Maka dari itu, ia memilih tanaman serealia ini memiliki sifat yang dapat tumbuh dengan baik di lingkungan tropis dan efisien dalam menghasilkan produk fotosintesis.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, biji sorgum sangat potensial untuk pakan ternak karena mengandung karbohidrat sekitar 73 gram hingga 100 gram per biji. Tapi dilihat dari sisi kandungan tanin, tanaman ini memiliki kandungan yang cukup tinggi yaitu sekitar 0,40% sampai dengan 3,60%.

Penelitian dilakukan dalam tiga tahap secara berurutan. Yakni uji perkecambahan tujuh varietas biji sorgum, pengujian produktivitas dan kualitas hijauan sorgum hasil penanaman secara hidroponik, dan evaluasi penggunaan sorgum hidroponik.

Berdasarkan hasil penelitian terkait hijauan pakan ternak alternatif, hasil uji daya kecambah tujuh varietas sorgum menunjukkan bahwa sorgum varietas Super 2, Super 1, dan Samurai 2 memiliki daya kecambah dan kekuatan tumbuh lebih dari 85% sehingga dapat digunakan untuk produksi hijauan pakan secara hidroponik. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here