Home Pertanian Stabilitator Bahan Bakar Melindungi Mesin Pertanian

Stabilitator Bahan Bakar Melindungi Mesin Pertanian

Agrozine.id – Ketika meninggalkan gas di mesin pertanian sering membuat petani khawatir. Pasalnya bensin yang terdapat di dalam mesin akan mudah terdegradasi. Namun penggunaan stabilisator dapat membantu memperlambat proses menguapnya bensin yang tersisa di dalam mesin. Stabilisator bahan bakar melindungi mesin pertanian dalam keadaan dimatikan.

Seperti kebanyakan bahan bakar lain,bensin tidak bertahan lama. Yang dimaksudkan adalah stabilisasi bensin pada mesin. Jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu,bensin akan kadaluarsa. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah signifikan bagi mesin yang mencoba membakarnya.

Bensin hanya memiliki waktu singkat sebelum kadaluarsa terutama jika bersinggungan dengan udara langsung karena oksigen adalah musuh bagi bensin. Seiring waktu paparan udara akan membuat senyawa dalam bensin menjadi menguap dan akhirnya bahan bakar menjadi susah untuk terbakar.

Untuk mesin pertanian dibutuhkan bensin yang tahan lama dan aman.Oleh sebab itu perlu diketahui cara menyimpan bensin dengan aman. Bensin tidak dapat didekatkan atau diampur dengan air. Ketika bensin terdegradasi, ia akan melapisi bagian dalam sistem bahan bakar dengan zat yang disebut pernis. Zat inilah yang akan menyumbat saluran bahan bakar mencekik karburator mesin sehingga tidak dapat berjalan dengan baik.

Selaim itu bensin tidak boleh bercampur atau mengandung etanol karena etanol akan menyerap uap air yang akan menyebabkan masalah baru bagi mesin. Air juga dapat menyebabkan korosi pada saluran bahan bakar. Oleh karena hal inilah keberadaan stabilisator sangat penting.

Salah satu pilihan adalah dengan menguras tangki,tetapi hal ini dapat menimbulkan masalah baru. Tangkai yang tidak berisi apapun kecuali udara dapat membuat bau dan mengalami kondensasi.

Sebelum membeli mesin Snowblower nanti bisa hal ini perlu menjadi pertimbangan:

-Tambahkan fuel stabilizer

Menggunakan stabilisator bahan bakar adalah alternatif yang paling mudah untuk memperpanjang umur bensin atau bahan bakar. Ada beberapa manfaat dari pendekatan ini. Sebagai permulaan, menstabilkan bensin secara signifikan memperlambat degradasinya — bahan bakar yang diolah bisa bertahan selama setahun atau lebih.

-Tinggalkan sedikit ruang di tangki agar bahan bakar tidak mengembang jika suhu panas.

Menambahkan stabilizer bahan bakar cukup mudah. Ikuti instruksi untuk memadukan jumlah stabilizer yang benar ke dalam tangki Anda. Kemudian biarkan mesin berjalan selama beberapa menit untuk membiarkan bahan bakar yang stabil bekerja dengan baik melalui sistem.

Ya, ada sedikit waktu dan biaya yang terlibat dengan menambahkan bahan stabilisator bahan bakar ke tangki mesin yang tidak tidak digunakan. Tetapi seperti pepatah lama, satu ons pencegahan bernilai satu pon penyembuhan. Dan menghindari jebakan bensin yang terdegradasi adalah masalah yang sepadan. (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here