Home Pertanian Startup Agtech iFarm Perkenalkan Modern Vertical Farming Dalam Ruangan

Startup Agtech iFarm Perkenalkan Modern Vertical Farming Dalam Ruangan

максим, чижов, Внуково, портрет

Agrozine.id – Startup pertanian asal Finlandia, Startup Agtech iFarm telah mengantongi pendanaan $ 4 juta untuk melakukan pertanian vertikal yang menargetkan penjualan di perusahaan pemrosesan makanan,FMCG,petani,pusat penelitian di universitas dan bahkan perusahaan besar dengan kebutuhan catering. Investor lain dalam putaran tersebut termasuk Matrix Capital, Impulse VC, IMI.VC dan beberapa investor angle lainnya.

Perangkat lunak yang dihadirkan oleh perusahaan startup ini mengotomatiskan perawatan tanaman seperti tanaman sayuran hijau, tomat ceri dan beri yang ditanam dalam sistem penanaman vertikal.  Sistem yang dihadirkan dalam perangkat lunak tersebut melibatkan berbagai teknologi untuk memantau dan mengotomatiskan perawatan tanaman dengan menerapkan sistem komputer dan pembelajaran mesin untuk mengumpulkan ribuan data tanaman dari jaringan pertanian terdistribusi.

Pada tahap awal peluncurannya perusahaan ini menyediakan teknologi sekitar 50 proyek di Eropa dan Timur Tengah yang mencakup lahan pertanian seluas 11.000 meter persegi. Hingga saat ini platformnya mampu mengotomatiskan perawatan untuk sekitar 120 varietas tanaman dan di tahun 2025 ditargetkan akan mencapai 500 varietas ( dikatakan oleh iFarm 10 varietas tanaman baru ditambahkan setiap bulannya).

Salah satu pendiri dan CEO Max Chizhov mencatata bahwa bisnis startup tersebut telah berkembang dan memiliki 15 karyawan sampai saat ini. “iFarm dimulai tiga tahun lalu dengan tiga pendiri. Tujuaannya adalah untuk membangun teknologi untuk menumbuhkan makanan enak dan sehat yang sudah kita makan”, ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan “kami memulai dari rumah kaca. Tahun pertama hanya mnencari teknologi apa yang akan digunakan. Setelah satu tahun percobaan, kami memiliki beberapa pilot dan sekarang kami fokus pada pertanian dalam ruangan, pertanian vertikal di lingkungan dalam ruangan yang sangat terkontrol mengunakan pencahayaan LED untuk menggantikan sinar matahari untuk member daya pada pertanian sepanjang tahun”, ucapnya.

iFarm menggunakan teknologi dan pendekatan yang sepenuhnya otomatis dan hal ini berarti tidak perlu pestisida untuk menanam berbagai sayuran hijau, buah-buahan, bunga dan sayuran yang dapat dimakan. Ada beberapa batasan alami tentang apa yang dapat ditanam dalam sistem seperti itu – tanaman dan pohon yang lebih tinggi jelas tidak dapat dipadatkan menjadi tumpukan. Sayuran akar dalam juga tidak cocok, meskipun iFarm menyebut bayi wortel sebagai salah satu portofolio produknya.

iFarm fokus pada tanaman kecil,cepat tumbuh dan mudah diari serta mudah ditanama dalam banyak lapisan. Banyak lapisan adalah banyak keuntungan dari pertanian dalam ruangan, prinsip iFarm.

Meskipun saat ini ada ratusan perusahaan pertanian vertikal dalam ruangan yang model bisnisnya tetap menjual produk seperti memasok supermarket dan mengecer makanan lainnya, namun iFarm hanya berfokus pada pengembangan teknologi untuk mendukung pertanian  dalam ruangan otomatis.

“Keuntungan utama kami adalah kami tahu cara tumbuh dan Anda tidak memerlukan teknologi khusus untuk mengetahui cara tumbuh. Semua algoritme kami, semua datanya, didasarkan pada perangkat lunak kami, ”kata Chizhov, menekankan bahwa perangkat lunak itu tidak mendukung perangkat keras yang artinya pelanggan tidak perlu menggunakan perangkat iFarm untuk pertanian vertikal mereka, tetapi hanya dapat menerapkan algoritme ke milik mereka sendiri set-up.

Di sisi persaingan, iFarm bukan satu-satunya penyedia teknologi yang ingin menjual ke sektor pertanian vertikal yang sedang berkembang. Chizhov mengatakan ada sekitar 10 hingga 15 startup agtech serupa. Namun dia berpendapat bahwa teknologi dan pendekatannya melalui Agtech iFarm  memiliki keunggulan dibandingkan Solusi Pertumbuhan Cerdas yang berbasis di Inggris, Solusi Tanaman Perkotaan Belgia, Petani Swiss, penyedia “peternakan kontainer” AS, Freight Farms atau Alesca Life China, untuk memeriksa nama segelintir lainnya. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here