Home Pertanian Startup Habibi Garden, Inovasi IoT Agriculture

Startup Habibi Garden, Inovasi IoT Agriculture

Agrozine – Sektor pertanian merupakan sektor penting yang berkelanjutan. Terlebih, mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani sehingga perlu diberdayakan. Masalah pertanian saat ini cukup kompleks, mulai dari teknologi, permodalan, hingga pemasaran. Kini para petani dapat mengandalkan kecanggihan teknologi. Telah hadir inovasi untuk mencegah resiko gagal panen yang terjadi dalam usaha pertanian. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut startup Habibi Garden sebagai inovasi IoT Agriculture masa kini. Simak ulasannya!

 

Startup Habibi Garden

Habibi Garden yang didirikan sejak tahun 2016 merupakan startup di bidang teknologi pertanian. Hingga kini, Habibi Garden terus berinovasi untuk mencapai visi membangun peradaban via IoT Agriculture. Habibi Garden merupakan sebuah perangkat irigasi berbasis digital yang diterapkan pada lahan pertanian. Perangkat ini dapat membantu petani tetap produktif meskipun di tengah perubahan iklim. Alat bantu petani ini memiliki sensor Internet of Things (IoT) yang dapat mengumpulkan data seperti tingkat keasaman (pH) tanah, kelembaban tanah, curah hujan, temperatur, intensitas cahaya, bahkan nutrisi tanah. Alat sensor ini dipasang di lahan pertanian untuk merekam kondisi lahan yang dimonitor langsung oleh pusat Habibi Garden. Sensor ini juga terhubung dengan pipa yang terinstalasi di lahan pertanian sebagai untuk penyiraman otomatis dari aplikasi. Para petani dapat mengunduh aplikasi Habibi Garden yang tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android.

 

Habibi Garden - Precision Agriculture Solution

Produk Habibi Garden

 

  1. Habibi Grow

Habibi Grow merupakan sebuah alat yang dapat melakukan sistem irigasi otomatis di lahan pertanian. Selain itu, Habibi Grow dapat melakukan pengairan berdasarkan jadwal yang telah diatur oleh pengguna. Selain penyiraman, alat ini dapat menjadi solusi pemupukan dan pemberian pestisida yang praktis dan otomatis melalui smartphone.

 

  1. Habibi Cooling

Habibi Cooling merupakan pompa bertekanan tinggi untuk pendinginan Greenhouse. Alat ini dilengkapi dengan Nozle Pengkabutan Air dan terintegrasi langsung dengan Habibi Grow dan Habibi Climate. Kelebihan Habibi Cooling antara lain menjaga kestabilan suhu yang diinginkan, memprediksi cuaca beberapa hari ke depan dan menjaga kelembaban Greenhouse.

 

  1. Habibi Climate
  • Habibi Climate: Sensor yang digunakan untuk mengatur suhu, kelembaban, dan tekanan udara dalam Greenhouse dengan jangkauan pemantauan 100-300 m2.
  • Habibi Climate Pro: Alat ini dapat melakukan monitoring iklim dan kondisi media tanam. Sensor ini dapat beroperasi secara online maupun offline.
  • Habibi Climate Station: Alat satu ini dapat memantau kondisi cuaca actual kebun hingga beberapa hari ke depan melalui smartphone. Bahkan dapat bekerja dalam kondisi mendung selama 3 hari.

 

  1. Habibi Drip Tape

Habibi Drip Tape merupakan selang pipih yang memiliki filter dan pengatur tekanan pada setiap lubangnya. Keunggulan Habibi Drip Tape antara lain dapat mendistribusikan pupuk dan air bersamaan dan memiliki teknologi anti mampet saat pendistribusian air.

 

  1. Habibi Cam

Habibi Cam merupakan alat untuk memantau pertumbuhan tanaman dan keamanan kebun. Alat ini menggunakan konektivitas internet sehingga dapat dilihat secara live melalui smartphone.

 

Nah, itulah startup Habibi Garden yang menerapkan inovasi IoT Agriculture untuk pertanian modern. Habibi Garrden yang berada dibawah PT Digital Habibi Nusantara telah memiliki sekitar 20 orang yang terbagi dalam tim hardware dan software. Habibi Garden telah banyak diterapkan oleh petani yang berada di daerah Jawa Barat dan Sumatera. Jenis kebunnya pun beragam, mulai dari kebun melon, paprika, buncis, kentang, cabe, dan bawang. (rin)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here