Home Pertanian Startup Pheronym Kembangkan Biopestisida Untuk Perlindungan Tanaman

Startup Pheronym Kembangkan Biopestisida Untuk Perlindungan Tanaman

Startup Pheronym kembangkan biopestisida

Agrozine.id – Pheronym merupakan sebuah perusahaan rintisan bioteknologi pertanian yang mengembangkan solusi tidak beracun untuk perlindungan tanaman. Startup Pheronym kembangkan biopestisida yang menggunakan feromon untuk mengontrol nematode parasitik, meningkatkan kesehatan tanah, dan melindungi tanaman untuk lebih baik.

Salah satu pendiri dan kepala operasi dari startup bioteknologi Pheronym, Karl Cameron Schiller mengatakan, tanpa adanya metode pengobatan yang tepat, sekitar 12% tanaman secara global akan hilang karena nematoda parasite.

Startup Pheronym kembangkan biopestisida

Maka dari itulah, Schiller bersama timnya sedang mengembangkan solusi pestisida tidak beracun yang menimbulkan lebih sedikit risiko terhadap lingkungan. Rencananya, pendiri perusahaan Fatma Kaplan dan Schiller sedang bersiap untuk membawa produk mereka ke pasar tahun depan.

Dalam pengembangan biopestisida tersebut, Pheronym menggunakan feromon. Feromon, yang merupakan dasar dari produk perusahaan, merupakan sinyal yang dilepaskan oleh suatu organisme ke lingkungan yang mempengaruhi perilaku spesies yang sama.

Baca juga: Startup Re-Nuble Mengolah Limbah Makanan Untuk Pertanian Dalam Ruangan

Dengan adanya teknologi Pheronym membuat nematoda yang baik menjadi kontrol biologis yang lebih baik dan mencegah nematoda jahat memakan akar tanaman.

Cara kerjanya yaitu dengan produk pertamanya, NemaStim. Adalah kondisioner yang mengarahkan nematoda yang bermanfaat untuk menyerang dalam satu kemasan, membunuh lebih banyak hama target serangga, dibandingkan dengan nematoda yang tidak diobati. NemaStim meningkatkan keefektifan nematoda yang menguntungkan antara 28% dan 78%, seperti yang diuji oleh dua laboratorium independen.

Selain itu, feromon yang mengendalikan nematoda menguntungkan “memberitahu” mereka untuk menemukan serangga baru untuk menginfeksi dan mengirim mereka semakin jauh dari situs aplikasi asli.

Baca juga: Cara Mengatasi Hama Padi Sundep dan Beluk

Nematoda yang diberi feromon dapat masuk 35 sentimeter lebih dalam ke dalam tanah, sedangkan banyak pestisida tersangkut di 10 sentimeter teratas tanah. Mereka menemukan lebih banyak hama untuk ditargetkan di sepanjang jalan. Nematoda menguntungkan yang dirawat oleh NemaStim bahkan dapat membuat biopestisida lain atau pestisida konvensional yang bekerja lebih baik dengan memperluas cakupan pestisida di tanah, bila digunakan bersama-sama.

Produk kedua, yang berada dalam tahap awal pengembangan, adalah PheroCoat. Ini adalah perawatan benih yang mengarahkan nematoda parasit tanaman menjauh dari akar yang sehat sepenuhnya.

“Kami menggunakan feromon untuk mempengaruhi perilaku hama itu sendiri. Fokus kami selalu pada peningkatan hasil petani. ” kata Schiller.

Baca juga: FarmLab Optimis Dorong Petani Serap CO2 di 2025 

Saat ini, mitra komersial sedang menguji NemaStim terhadap thrips untuk pasar petani rumah kaca, dan mitra lainnya menguji terhadap BSF (lalat tentara hitam), kumbang jeruk, dan kumbang kemiri.

Startup Pheronym kembangkan biopestisida juga mendapat dukungan dari USDA -Layanan Penelitian Pertanian- untuk penelitian kolaboratif dan upaya pengembangan di lapangan uji dan rumah kaca. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here