Home Perkebunan Syngenta Lakukan Training of Trainers, Pelatihan Petani Sawit di Kalimantan Barat

Syngenta Lakukan Training of Trainers, Pelatihan Petani Sawit di Kalimantan Barat

Training of Trainers Petani Sawit

Agrozine.id – Pelatihan petani sawit di Kalimantan Barat. Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan. Namun yang menjadi masalah adalah rendahnya produksi perkebunan kelapa sawit rakyat yang dikarenakan belum diterapkannya teknologi secara tepat mulai dari penggunaan bibit unggul, teknologi budidaya dan panen/pasca panen. Maka dari itu, Syngenta hadir dengan melakukan pelatihan Training of Trainers (ToT) bagi penyuluh pendamping petani sawit swadaya.

Syngenta melakukan Training of Trainers petani sawit di wilayah Kalimantan Barat bekerja sama dengan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Sekadau dan dinas DKP3 kabupaten Sekadau, SPOS – Yayasan Kehati, POPSI. Kegiatan tersebut mengambil tema, “Menyiapkan Pelatih Sawit Bagi Petani Untuk Prakondisi Menuju Sertifikasi ISPO”.

Baca juga: Sertifikat ISPO Wajib Dimiliki Pengelola Perkebunan Sawit

Pelatihan petani sawit di Kalimantan Barat dilakukan selama tiga hari dengan materi mulai dari perkembangan isu sawit berkelanjutan yang harus dijalankan oleh petani seperti sertifikasi ISPO. Materi Good Agriculture Practices (GAP) perkebunan sawit juga diberikan yang meliputi persiapan lahan, pembibitan, penanaman, hama penyakit, pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM) dan tanaman menghasilkan (TM), pemupukan, manajemen panen dan kemitraan, serta replanting atau program PSR.

Dalam kegiatan Training of Trainers petani sawit terdapat 25 peserta yang dilatih. Peserta terdiri dari dari perwakilan penyuluh pemerintah dan penyuluh swadaya dari utusan kelembagaan petani sawit.

Baca juga: Syngenta Crop Protection Umumkan Peluncuran Spiripidion, Bahan Aktif Insektisida Baru

Pada Training of Trainers petani sawit atau pelatihan petani sawit di Kalimantan Barat ini, Syngenta mendapat kesempatan untuk memberikan informasi terkait penanganan produk perlindungan tanaman dan memperkenalkan produk herbisida yang terdaftar untuk kelapa sawit yaitu Gramoxone dan Touchdown Neo.

Informasi mengenai keamanan dalam penanganan produk perlindungan tanaman yang dapat dibagikan Syngenta kepada peserta pelatihan meliputi Lima Tepat aplikasi produk perlindungan tanaman, teknik aplikasi termasuk Kalibrasi dan Lima Aturan Emas.

Baca juga: Program Peremajaan Sawit Rakyat, Upaya Kementan Tingkatkan Produktivitas Perkebunan

Dengan memahami materi tersebut diharapkan peserta dapat mengaplikasikan produk perlindungan tanaman secara tepat, efektif dalam pengendalian hama, penyakit dan gulma serta dan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi dan memaksimalkan manfaat dari produk perlindungan tanaman yang digunakan.

Syngenta selalu siap mendampingi dan membuka akses petani sawit Indonesia terhadap teknologi inovatif dan berkelanjutan yang salah satu langkah konkritnya adalah melakukan pelatihan petani sawit di Kalimantan barat. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here