Home Kehutanan Ini Dia 10 Taman Nasional Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Ini Dia 10 Taman Nasional Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Agrozine.id -Berwisata ke kawasan konservasi seperti Taman Nasional sering dilakukan oleh para penggiat wisata alam. Namun di masa pandemi saat ini pembukaan kunjungan ke Taman Nasional dilakukan dengan sangat ketat dan menerapkan protokol kesehatan. Pembatasan kuota harian pun dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi daerah masing-masing. Nah inilah daftar 10 Taman Nasional paling banyak dikunjungi di Indonesia.

1.Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)

Taman Nasional yang terletak di perbatasan tiga kabupaten di Jawa Barat ini memang selalu ramai pengunjung. Yang menjadi daya tarik pengunjung ramai ke TNGGP adalah pendakian Gunung Gede dan Pangrango, hamparan pemandangan yang indah dan bunga edelweis di alun-alun suryakencana menjadi daya tarik tersendiri tempat ini. Belum lagi berbagai objek wisata lainnya seperti Danau Situgunung di Sukabumi, Curug Cibereum- Cibodas, Telaga biru di Cibodas dan masih banyak lagi. Namun saat ini jalur pendakian TNGGP masih ditutup lantaran pandemi.

2. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Secara administratif terletak di Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, Taman Nasional Gunung Ciremai juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu daya tarik yang membuat pengunjung Taman Nasional ini selalu ramai adalah Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Udara yang sejuk dan panorama yang indah membuat banyak pengunjung selalu memadati wilayah TNGC.

3. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional yang terletak di Kecamatan Bantimurung Maros, Sulawesi Selatan ini terkenal dengan berbagai objek wisata menarik yang membuatnya menjadi salah satu taman nasional yang paling banyak dikunjungi. Taman nasional ini terkenal dengan goa dan kawasan karstnya yang tentu saja menarik minat banyak pengunjung. Tak hanya itu, taman nasional ini juga menjadi rumah satwa khas di Sulawesi sehingga menambah kesan menarik untuk dikunjungi. Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat upacara adat yang masih dilakukan dengan rutin oleh masyarakat di sekitar taman nasional.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman nasional ini memang tidak henti-hentinya membuat pengunjung takjub dengan keindahan alamnya. Ada banyak sekali objek wisata menarik yang bisa jadi destinasi di Bromo mulai dari Pasir berbisik, Bukit Teletubies, padang savana dan tentu saja aktivitas mendaki gunung selalu menjadi yang paling diminati. Tapi jika berkunjung ke Bromo jangan lupa bawa jaket yang tebal karena cuaca disana sangat dingin.

Baca Juga : Menilik Fakta Menarik di Taman Nasional Alas Purwo

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman nasional yang terletak di paling ujung timur pulau Jawa ini juga tidak kalah menarik karena berbatasan langsung dengan lautan. TN Alas Purwo menyediakan destinasi wisata yang lengkap mulai dari pantai, hutan, sampai gunung dan bahkan savana. Jadi siapa yang tidak tertarik coba mengunjungi taman nasional ini?

6. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tak jauh dari Jakarta, menjadi salah satu alasan pengunjung banyak datang berlibur ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Hamparan kebun teh yang luas dengan pemandangan yang indah, sejumlah curug atau air terjun yang menarik untuk dikunjungi dan tentu aktivitas pendakian menjadi daya tarik taman nasional yang satu ini.

Baca Juga: Mengenal Taman Nasional Baluran, Little Afrika in Java

7. Taman Nasional Baluran

Dijuluki sebagai “Little Africa in Java” membuat taman nasional ini selalu ramai pengunjung. Pesona alam yang eksotis dan dipadu dengan keindahan festival tradisionalnya menjadi daya tarik taman nasional ini. Savana Bekol yang mendapat julukan little Africa ini lah yang menjadi daya tarik utama pengunjung ke Taman Nasional Baluran.

8. Taman Nasional Gunung Merbabu

Masuk dalam daftar gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia, membuat Gunung Merbabu yang terletak di Taman Nasional Gunung Merbabu selalu ramai pengunjung.

9. Taman Nasional Komodo

Siapa yang tidak tertarik untuk berkunjung ke taman nasional satu ini, mengingat Taman Nasional Komodo ini merupakan habitat alami satwa komodo. Berkunjung ke taman nasional ini, kita bisa melihat komodo lebih dekat. Selain itu masih banyak objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi disini seperti pantai pink, pulau padar, pulau rinca, pulau kalong, pulau kanawa dan masih banyak lagi yang tentu menyuguhkan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Baca Juga: Taman Nasional Bali Barat : Sejarah dan Objek Wisatanya

10. Taman Nasional Bali Barat

Pulau Menjangan adalah daya tarik utama yang disuguhkan di Taman Nasional Bali Barat, sekaligus tidak akan kita temukan di tempat lain. Berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat juga sekaligus bisa melihat berbagai acara adat masyarakat Bali dan menikmati keindahan alam Bali yang tidak pernah surut.

 

Nah itulah dia daftar 10 taman nasional paling banyak dikunjungi di Indonesia. Siapkan rencana perjalananmu dari sekarang dan tentu saja berharap agar pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa kembali beraktivitas dengan normal termasuk liburan. Jika pandemi sudah berakhir, taman nasional mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali? (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here