Home Pertanian Tips Sukses Tanam Buah Dalam Pot (Tabulampot)

Tips Sukses Tanam Buah Dalam Pot (Tabulampot)

Agrozine.id – Tips sukses tabulampot. Teknik bertanam semakin banyak bermunculan. Lahan yang sempit kerap kali menjadi permasalahan saat akan bercocok tanam, hingga muncullah teknik menanam buah di dalam pot atau sering disebut tabulampot.

Istilah tabulampot adalah salah satu metode budidaya menggunakan pot sebagai media tanam. Tujuan teknik tabulampot adalah budidaya buah tanpa harus menggunakan lahan yang luas. Dalam artikel ini akan membahas tentang tips sukses tanam buah dalam pot/tabulampot.

Berbagai jenis buah bisa ditanam di dalam pot. Contohnya tabulampot mangga, tabulampot rambutan dan bahkan tabulampot durian. Tips sukses tabulampot tentu memiliki beberapa keunikan diantaranya adalah bibit yang diambil dari perbanyakan vegetatif dan sengaja tidak dibuat tinggi untuk memaksimalkan ruangan dan memudahkan dalam pemeliharaan.

Dikutip dari postingan resmi @kementerianpertanian, berikut adalah langkah-langkah tanam buah dalam pot:

  • Siapkan media tanam seperti tanah, kompos dan arang sekam. Lalu bersihkan dari kerikil dan campurkan bahan secara merata.
  • Sediakan pot sesuai ukuran bibit tanaman buah. Awali dengan pot kecil dan ganti sesuai pertumbuhan tanaman.
  • Seminggu awal, simpan tanaman di tempat teduh dan siram tiap pagi sore. Setelah seminggu pindahkan ke tempat terbuka dan terkena cahaya matahari
  • Saat musim kemarau siram tanaman sehari sekali. Saat musim hujan siram saat medianya terlihat kering saja
  • Pupuk tanaman dengan pupuk organik (kompos, pupuk kandang, organik cair setelah satu bulan). Selanjutnya lakukan pemupukan setiap 3-4 bulan sekali
  • Cegah hama dan penyakit dengan membersihkan gulma dan semak di sekita tabulampot.Pangkas dahan yang terkena penyakit, lindungi buah dengan plastik atau jaring pelindung.

Jika ingin tanaman buah dalam pot cepat berbuah, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan mulai dari pasokan air, intensitas tanaman terkena cahaya matahari, pemangkasan bagian tanaman yang tidak bagus lagi sampai kepada pengendalian hama dan penyakit tanaman.

Baca Juga : Faperta Unpad: Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Budidaya Tanaman

Sebelum memutuskan untuk menanam buah dalam pot, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan bahan atau media tanam. Media tanam yang dibutuhkan untuk membuat tabulampot cukup sederhana.

Baca Juga : Syngenta Crop Protection Umumkan Peluncuran Spiripidion, Bahan Aktif Insektisida Baru

Yang kita butuhkan hanya pupuk kompos, tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam juga bisa menggunakan tanah, sekam dan pupuk kotoran sapi dengan perbandingan yang sama.

Baca Juga : Kebun Tin Pekanbaru: Bermula dari Hobi dan Niat Menolong Sesama

Ukuran pot ideal untuk tanam buah dalam pot adalah pot yang memiliki diameter 40-60 cm. Demikian tips sukses tabulampot, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here