Home Populer Tanam Kunyit di Dalam Pot, Begini Caranya

Tanam Kunyit di Dalam Pot, Begini Caranya

Agrozine.id–  Tanaman kunyit,rempah dengan banyak khasiat. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman rempah yang memiliki nama latin  Curcuma domestika ini juga digunakan sebagai bahan baku kosmetik,jamu dan obat-obatan tradisional. Kunyit dapat tumbuh di tempat yang memiliki intensitas cahaya tinggi atau sedang, sehingga baik ditanam di tempat terbuka atau memiliki sedikit naungan. Menanam kunyit biasanya dilakukan di lahan luas. Akan tetapi tanaman ini juga dapat dibudidayakan dengan media lain yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Salah satu alternatif media tanam yang dapat digunakan adalah pot. Untuk tanam kunyit dalam pot, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, sebagai berikut:

Untuk membudidayakan kunyit dimulai dari penyiapan bibit. Bagian kunyit yang digunakan sebagai bibit adalah rimpang yang sudah berusia 8 bulan atau lebih,karena semakin tua rimpang yang digunakan akan semakin cepat tunas baru muncul. Bibit yang sudah siap tanam diletakkan di atas campuran tanah dan kompos yang sudah diisikan ke dalam pot. Usahakan agar bibit mendapat cahaya matahari secara langsung. Ukuran pot ideal yang dapat digunakan adalah yang memiliki diameter 20 hingga 40 cm dan satu pot cukup diisi dengan satu rimpang saja. Sebelum mengisi pot dengan media tanam, letakkan pecahan batu bata atau genteng kecil di bagian bawah pot untuk mencegah media tanam terbawa air ketika disiram.

Baca Juga: Cara Budidaya Kelengkeng, Panen Melimpah Untung Berlipat

Setelah ditanam,jangan lupa untuk menyiram bibit untuk menjaga kelembaban media tanam dan mempercepat pertumbuhan tunas. Namun jangan menyiram terlalu  banyak agar rimpang tidak busuk. Jika tunas sudah mulai muncul,lakukan pemupukan agar nutrisi tanaman terpenuhi. Sebaiknya gunakan pupuk kompos atau pupuk organik, untuk mengurangi resiko pemakaian pupuk kimia.

Baca Juga: Begini Cara Budidaya Temu Putih di Dalam Pot

Setelah semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, kita hanya perlu menunggu waktu panen kunyit. Namun,jangan lupa untuk membersihkan gulma yang tumbuh di dalam pot. Waktu ideal yang dibutuhkan kunyit sejak penanaman hingga panen adalah sekitar 8 bulan.  Masa panen ideal ini bertujuan untuk menghasilkan hasil panen yang tidak kusut ,sehat,tidak mudah busuk dan tetap segar meski disimpan dalam waktu lama.

Demikian cara tanam kunyit dalam pot. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here